Kesurupan Hal Gaib Beneran atau Cuma Gimmick Semata?

291
views
Kesurupan hal gaib
Image: kerauhan by tudik on DeviantArt

Melihat kejadian yang sempat mencuat di minggu lalu, Mz jadi ingin membahas tentang kesurupan hal gaib nih.

Oh, masih belum jelas ya? Itu lho, fenomena kesurupan yang melanda para pelajar di Tabanan. Singkat cerita sebuah kejadian heboh yang menimpa beberapa siswi saat menarikan Tari Rejang Sandat Ratu Segara yang digarap Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di Tanah Lot pada 18 Agustus 2018 lalu, ternyata membuat para penarinya menjadi kesurupan. Kesurupan tersebut berlanjut kayaknya sampai 20 Agustus 2018.

tari rejang
Tuh, sampe di gotong penarinya.

Mz yakin kamu-kamu semua udah pada tau informasi mengenai fenomena kesurupan hal gaib ini. Buat yang belum tau, cari tau sana! Eh, atau baca artikel Mz yang membahas tentang kesurupannya para penari Rejang Sandat Ratu Segara azaa~

Seperti yang Mz sebutkan di paragraf pertama, Mz ulangi sekali lagi, Mz tertarik untuk membahas tentang yang namanya kesurupan. Kesurupan itu apa sih? Ini medis atau non medis? Banyak deh pokoknya.

Dari sekian banyak pertanyaan yang muncul di benak Mz, pertanyan ini yang paling buat Mz penasaran. Gimana sih caranya biar tau orang ini kesurupan beneran atau cuma gimmick aja?

Hmm… Ketik 1 untuk mencari tau!

via GIPHY

Sebelum masuk ke pertanyaan utama, ada baiknya kita cari tau dulu arti dari kesurupan itu sendiri. Biar sesuai sama pepatah gitu, tak kenal maka tak sayang.

Baca juga:  Perbaiki Keretakan Hubungan Kamu dengan Datang ke Air Terjun Cemara

Kesurupan adalah sebuah fenomena di saat seseorang berada di luar kendali dari pikirannya sendiri. Beberapa kalangan menganggap kesurupan disebabkan oleh kekuatan gaib yang masuk ke dalam jiwa seseorang. Ini kata wikipedia lho ya.

Kalau ditanya pendapat pribadi Mz terkait kesurupan, Mz sepakat sih sama pengertian yang muncul di wikipedia ini.

Berarti kesurupan ini berhubungan sama yang mistis-mistis gitu ya Mz? Menurut Mz iya, tapi kalau menurut medis, enggak. Dari segi medis, kesurupan ini diartikan sebagai gangguan disolatif. Gangguan disolatif ini bisa dibilang bentuk dari gangguang mental terkait perubahan identitas diri. Istilah medisnya itu Possession Trance Disorder.

Kesurupan hal gaib
Argh! Aku kesurupan. Source Image: hellosehat.com

Coba besok-besok kalau ada yang lagi kesurupan, kamu jangan teriak, “Oi, ada yang kesurupan!,” tapi teriak, “Eh, ada yang kena possesion trance disorder nih!” Jadi lebih keren kan?

Saatnya menjawab pertanyaan utama, cara membedakan orang kesurupan hal gaib atau enggak itu gimana sih?

Kondisi tubuh

Kesurupan hal gaib
Langsung meronta, guys. Source Image: balipost.com

Gejala awal dari kesurupan biasanya terjadi beberapa perubahan kondisi tubuh. Diawali dari tanda-tanda lemah, pusing, berdebar, keringat dingin, lalu pingsan untuk beberapa saat. Kemudian akan meronta ketika bangun dari pingsan.

Baca juga:  Bersiul Malam-Malam, Mau Gangguin Cewek Apa Gangguin Setan?

Perubahan suara

Kesurupan hal gaib
Apakah kamu kerasukan, Conan? Source Image: desainandtech.net

Orang yang kesurupan dipercaya suaranya akan berubah menjadi suara roh yang merasukinya. Secara umum suaranya akan menjadi datar tanpa intonasi. Jika yang merasuki roh perempuan suaranya berubah menjadi perempuan, jika laki-laki suara seperti laki-laki. Kalau transgender?

Kebal

Kesurupan hal gaib
Jarum mah nggak ada apa-apanya. Source Image: nowbali.co.id

Menurut Paranormal.or.id, roh yang merasuki membuat orang menjadi kebal atau nggak bisa dilukai. Cara paling mudah mengujinya adalah dengan memotong rambutnya, atau coba menusuk jarinya dengan jarum. Orang yang asli kesurupan rambutnya nggak akan putus, dan nggak merasakan sakit ketika ditusuk jarum.

Kuat

Kalau udah kebal, udah pasti kuat dong ya. Iya kan? Iya dong. Kekuatan orang yang kesurupan dan kekuatan roh yang merasuki digabungkan sehingga jadi makin kuat. Lalu setelah sadar dari kesurupan, orangnya akan kelelahan karena semua tenaganya habis.

Itu kalau kamu percaya sama kesurupan hal gaib ya, kalau enggak percaya, cukup bawa ke dokter aja orang yang kerasukan itu.

Comments

comments