Kesempatan Emas Untuk Dapetin Gelang Sangadatu saat Odalan di Besakih

1132
views
Gelang Sangadatu

Gelang Sangadatu apa hebatnya ya dari Tri Datu? Sama-sama hebat sih dalam jagain kamu biar selalu selamat dan rahayu. Nah, berhubung ngomongin soal gelang spiritual Bali, kamu wajib banget tahu soal makna gelang ini.

Sebelumnya Mz udah pernah bahas soal fungsi dan makna dari Gelang Tri Datu yang pastinya bikin kamu bersyukur banget memiliki gelang ini. Bedanya dengan Gelang Sangadatu terletak pada jumlah variasi warna gelangnya.

Kalau Tri Datu hanya terdapat 3 jenis warna, yaitu Merah, Hitam, dan Putih sebagai perlambangan kekuatan Brahma, Wisnu, dan Siwa. Cara dapetinnya pun cukup mudah, yaitu kamu datang aja ke Pura-Pura tersohor di Bali saat Piodalan Gede atau upacara besar yang jatuh pada hari-hari sakral berdasarkan Kalender Bali.

Ini gelang Tri Datu, Gaes. Image from Buka Lapak

Sedangkan Gelang Sangadatu terdapat 9 jenis warna, yaitu Merah, Hitam, Putih, Kuning, Biru, Jingga, Ungu, Hitam, dan Abu-Abu. Kesembilan warna ini melambangkan 9 Dewa penjaga mata angin, seperti Dewa Brahma, Siwa, Maheswara, Iswara, Sambhu, Wisnu, Rudra, Mahadewa, dan Sangkara.

Cara dapetin Gelang Sangadatu

Nah cara dapetinnya gimana? Gelang ini bisa dikatakan gelang spesial, karena cara dapetinnya hanya saat piodalan di Pura Besakih. Itulah sebabnya kenapa saat piodalan di Pura Besakih, banyak banget umat Hindu di Bali atau diluar Bali rela antri untuk sembahyang dan nunas gelang ini.

Sangadatu merupakan salah satu bukti kepercayaan umat Hindu, bahwa pada saat piodalan di Besakih, konon para kesembilan Dewa tersebut turun ke Besakih untuk memberikan berkat kepada umat manusia. Makanya selama piodalan berlangsung tak heran banyak banget yang rela desak-desakan hanya demi sutas gelang.

Ternyata lebih dari itu, Mz lihat dari sudut pandang yang agak beda, kalau hal ini lebih dari sekedar nunas atau meminta gelang aja. Tetapi ini sebagai salah satu kesempatan emas bagi umat Hindu untuk meminta keselamatan hidup kepada 9 Dewa atau Dewata Nawasanga.

Kalau udah tangkil ke Pura Besakih pasti dapet gelang ini. Image from Akriko.com

Sekeren apa Sangadatu ditangan anak muda?

Gelang juga sebagai salah satu aksesoris fashion anak muda dan kalau dilihat-lihat gelang ini memiliki nilai keindahan tersendiri. Jadi anak muda di Bali tidak ada yang malu menggunakan gelang ini. Mereka dengan bangganya memaerkan kepada teman-temannya yang berbeda keyakinan.

Mz juga sempet pamerin ke temen-temen Mz yang beda agama dan mereka bertanya, “Dimana dapet gelang itu bro? Aku mau juga dong”, gitu katanya. Yasudah, Mz langsung kasih tau cara dapetinnya dan mereka fine-fine aja kalau diajak ke Pura. Intinya balik lagi gimana cara kamu menyikpi dan intinya balik lagi masalah kepercayaan. Jika kamu percaya dengan pakai gelang ini meraya aman dan nyman, maka pakai aja dan jika ga nyaman ga apa-apa kalau tidak dipakai. slow aja bro…

Comments

comments