Kepoin Perubahan Terbaru dari Surat Edaran Sampai ke Gereja yang Unik di Bali, Yuk!

Wih bentar lagi mau Hari Raya Natal nih, sabi kali yak kita bahas tentang gereja unik yang ada di Bali. “Eh bentar dulu, Mz. Bahas surat edaran Gubernur Bali dulu dong, katanya ada perubahan terbarunya.” Oh iya juga ya, yaudah langsung aja kita bahas yak.

gereja unik
Deket rumah Mz nih |Source: https://travel.kompas.com/

Adanya Perubahan Terbaru dari Surat Edaran Gubernur Bali

Kemarin kan heboh tuh banyak calon wisatawan yang batalin dateng ke Bali, nah denger-denger ada perubahan terbarunya nih. Awalnya kan Surat Edaran Gubernur Nomor 2021 Tahun 2020, ini bakal berlaku dari tanggal 18 Desember sampek 4 Januari 2021, kalau sekarang berubah, jadinya dari tanggal 19 Desember 2020 sampek 4 Januari 2021.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Angkasa Pura Airports (@ap_airports)

Terus buat hasil tes PCR-nya harus udah diambil dari seminggu sebelumnya, pastilah yang negatif, yakali positif kan. Btw, ada 6 perubahan terbarunya, ini dimulai dari anak yang umurnya tuh dibawah 12 tahun. Mereka nggak usah bawa hasil tes swab PCR-nya. Ini juga berlaku sama hasil rapid antigen dan rapid antibodi.

Terus kalau misalnya ada Crew aktif/EOB/FOO, cuman perlu hasil negatif rapid antibodi aja. Jadi nggak usah ribet-ribet tes swab PCR gitu yak! Ini juga berlaku buat penumpang transit, terus yang pesawatnya divert alias dialihin ke Bandara Ngurah Rai di Denpasar, sama kalau penumpangnya berasal dari daerah yang nggak ada fasilitas tes swab berbasis PCR (tapi harus ngelakuin tes rapid antigen pas mau ke Bali yak). Terakhir, seandainya ada ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI dan polisi yang dapet perintah mendadak juga nggak perlu nunjukkin hasil tes swab berbasis PCR. Kalau mendadak kan diluar perkiraan nih, diluar dugaan gitu lho, makanya nggak usah repot-repot bawa hasil tes.

Gereja Unik yang Ada di Bali

Kan udah Mz kasik tau tuh tadi tentang perubahan terbaru dari Surat Edaran Gubernur Bali-nya, sekarang kita langsung aja bahas gereja uniknya yak. Kita mulai dengan Gereja Pniel Blimbingsari, sesuai namanya gerejanya nih letaknya di Desa Blimbingsari, Melaya, Jembrana.

gereja unik
Berasa banget Bali-nya yak |Source: https://www.balitoursclub.net/

Yang bikin unik tuh gara-gara gaya khasnya gerejanya tuh ngikutin khasnya Bali, jadi sebelas duabelas sama pura gitu. Sampek-sampek nih, para jemaat Kristen Protestan yang dateng kesini datengnya makek baju adat Bali gitu. Iya, makek udeng, kamen sama selendang gitu. Terus ada gamelannya juga, beuh bali banget dah pokoknya.

Katanya gerejanya ini dulu bergaya Eropa gitu gara-gara tahun 1939 emang orang asing yang ngebangun, sampek akhirnya di tahun 1971 ada gempa yang bikin bangunannya rusak gitu. Yaudah deh dibangun ulang dengan gaya khas Bali jadinya.

gereja unik
Uwaaah |Source: https://www.pegipegi.com/

Lanjut ke gereja selanjutnya yak, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Palasari ini letaknya di Jln. Palasari di Desa Ekasari. Sama juga kayak Gereja Pniel, gereja yang satu ini letaknya di Melaya, Jembrana. Bangunannya yang megah dan indah banget buat diliat bikin makin mata adem nih liatnya.

Gaya bangunannya juga ngikutin arsitektur Balinya, jadi perpaduan Katolik sama Bali berasa banget disini. Kalau kalian mau jalan-jalan sambil berdoa bisa kok kesini, kalaupun kalian berkeyakinan beda tetep saling menghormati antar umat beragama yak.

gereja unik
Ada lima nih guys |Source: https://www.idntimes.com/

Emang biasa gitu ya, paling istimewanya baru muncul di bagian akhir. Kenapa dibilang istimewa, ya gara-gara di lokasinya nih ada lima bangunan ibadah termasuk gerejanya. Puja Mandala ini letaknya di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung. Diliat dari luar emang luas banget sih.

Kalau gereja yang ada disini ada buat jemaat Kristen Protestan dan Katolik, jadi kalau kalian bareng temen yang nggak seiman kan sabi pergi bareng kesini. Jadi ada Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa yang diapit sama Masjid Agung Ibnu Batutah dan Vihara Buddha Guna. Kalau Gereja Protestan Jemaat Bukit Doa diapit sama vihara dan Pura Jagatnatha. Jadi semuanya bersebelahan gitu, duh Mz seneng banget dah liatnya. Berasa banget gitu lho toleransi sesama umat beragamanya.

gereja unik
Kalau dari atas ya gini |Source: https://jejakpiknik.com/

Btw, Hari Raya Natal kan empat hari lagi nih, ya walaupun cuman bisa ngerayain dari rumah aja, semoga tetep berkah dah. Terus bisa tau dikit tentang gereja-gereja unik yang ada di Bali juga, lumayan buat referensi. Yaudah deh, inget jaga kesehatan aja ya bossque, bentar lagi tahun baru nih. Merry Christmas and Happy New Year!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com