Kengerian Tindihan Saat Tidur, Rasanya Seperti Ingin Dibunuh Makhluk Halus

290
views
Tindihan

Tidur adalah sebuah kebutuhan dan kegiatan yang paling menyenangkan. Menyenangkan banget malah. Siapa sih orang yang nggak doyan tidur. Tapi kalau tidurnya nggak enak sih memang malesin, apalagi pakai acara mimpi buruk. Eh, nggak deh, mimpi buruk nggak ada apa-apanya ketimbang tindihan. Serem.

via GIPHY

Konon Katanya Kamu Ditindih Sama Makhluk Halus Saat Tindihan

Mz nggak tahu pastinya, mungkin semua orang pernah mengalami hal mengerikan ini saat tidur. Dimana kamu mampu mebuka mata, tapi tak mampu bergerak, tak mampu berteriak dan kesulitan dalam bernafas dalam waktu yang nggak sebentar. Dalam kondisi ini kamu juga merasa seperti diawasi atau bahkan melihat sosok yang asing. Makhluk halus? Mungkin saja, yang jelas nggak enak, nyeremin, dan takut untuk melanjutkan tidur.

Baca juga:  Bersiul Malam-Malam, Mau Gangguin Cewek Apa Gangguin Setan?

Kalau menurut pandangan medis beda lagi. Istilah keren dari tindihan ini adalah sleep paralysis atau kelumpuhan saat tidur yang merupakan halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM). Fyi, tidur itu ada empat tahap. Pertama, tahap tidur ringan (setengah sadar), kemudian tidur lebih dalam, trus tidur paling dalam, dan terakhir REM (saat mimpi terjadi)

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM). Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM, tapi tubuh belum bangun, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi. Gitu sih katanya dari artikel yang dimuat di dokter sehat.

Baca juga:  Obat Ini Katanya Bisa Bikin Kamu Ketemu Tuhan, Masak Sih?

Walaupun udah tau secara ilmiahnya, tetep aja nyeremin kalau tidurnya ada gangguan seperti video yang udah kamu tonton barusan.

Comments

comments