Kecerdasan Buatan ini Mampu Kalahkan Pemain Dota 2 Terbaik Dunia

168
views
kecerdasan buatan

Sudah tahu kan pada bulan Agustus 2017 lalu, di mana sebuat robot yang amat cerdas bernama artificial intelligence atau sering disebut sebagai AI ini mampu mengalahkan pemain terbaik dunia Dota 2 dalam pertandingan 1 Vs 1. Sekarang program AI ini bakalan terus dikembangkan lebih hebat lagi dan bikin kamu semakin sulit merawan bot ini.

Berdasarkan Kumparan, sang pengembang teknologi kecerdasan buatan AI, yaitu OpenAI mulai melatih kemampuan AI-nya untuk pertandingan 5 lawan 5. Buset dah 1 vs 1 aja udah kalah, apalagi 5 vs 5 nih, bisa jadi kamu dibantai habis-habisan sama sebuah bot.

OpenAI membuat bot ini bisa bermain dengan apik, yaitu dengan cara menggunakan metode machine learning yang mengenalkan lingkungan virtual. Mereka akan belajar sendiri bagaimana caranya mencapai tujuan melalui trial and error.

Programer juga akan memberikan hadiah berupa poin kepada para bot yang mampu membunuh musuh dan bot ini akan dibiarkan bermain dengan caranya sendiri secara berulang-ulang. Jadi, seperti ibaratnya mendidik anak kecil ya, di mana kamu akan memberi hadiah ketia mereka berhasil dalam sebuah pencapaian.

Baca juga:  InYourDream Keluar dari Team FNATIC, Sah!

Kecerdasan buatan yang sangat sulit dikalahkan

kecerdasan buatan
Berani ga lawan bot? | Sumber gambar: theverge

OpenAI menjelaskan kalau bot ini dalam permainan Dota 2 memiliki gaya bertarung yang selalu berbeda dari sebelumnya, soalnya mereka juga belajar dengan memproses sebanyak 20 ribu poin data, Hebat banget kan bot ini dan memang cocok buat kamu tantangin bareng tim Dota kamu deh.

Kenapa bot ini begitu hebat dan gila? Ya, karena mereka bermain lebih sering dari kita para manusia. Contohnya, seorang pemain profesional, manusia membutuhkan waktu 12 ribu hingga 20 ribu jam bermain. Namun bot ini bisa memainkan permainan 100 kali lebih sering dibandingkan manusia.

Jelas hebat bangetlah dan sudah pasti kemampuan mereka selalu terlatih dan lebih cepat berkembang.  Meskipun Open AI sudah bisa bermain 5 vs 5, tetapi mereka masih belum sempurna, karena dalam penguasaan hero, mereka hanya bisa menggunakan 5 dari 115 hero Dota 2, jadi masih bisa ngalahin mereka kok.

Baca juga:  Pengen Belajar Lebih Dalam Tentang eSport? Sekolah Di Sekolah eSport ini aja

Saat ini, hasil beberapa pertandingan yang sudah dilakukan oleh tem OpenAI ini telah memenangkan 4 kali pertandingan dan 1 kali imbang. Kedepannya bot ini akan membuat para pemain-pemain Dota lebih bisa berkembang dan jauh lebih hebat dari sekarang ini.

Silahkan kalau merasa tertantang, bisa tantangin mereka langsung untuk war 5 vs 5 dan silahkan pilih hero andalan kamu.

Comments

comments