Kalau Orang-orang Bali Punya Spirit Doll, Kira-kira Bakal Kayak Gimana Ya?

Lagi ramai nih artis yang punya spirit doll, tapi yang paling disorot saat ini adalah Ivan Gunawan. Banyak tuh tanggapan dari warganet, biasa netizen +62 ada saja komennya. Cuman kalau dipikir-pikir, misalnya nih orang Bali yang punya bakal kayak gimana ya?

kalau
Spirit doll ter-legend |Source: https://www.suara.com/

Spirit Doll Apaan Sih?

kalau
Lagi rame nih |Source: https://www.ayosemarang.com/

Spirit doll atau boneka arwah ini hampir mirip dengan Luk Thep (yang artinya ‘Anak Malaikat atau Anak Dewa’). Boneka ini dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memilikinya. “Terus ada arwahnya gitu di dalam bonekanya?” Yoi! Dipercaya arwah-arwah bayi yang meninggal itu masuk ke dalam boneka, makanya harus diperlakukan layaknya anak bayi. Dirawat, dikasik makan dan pakaian. Bahkan, ada nih maskapai penerbangan di Thailand bernama Thai Airways mewajibkan pemilik spirit doll ini untuk beli kursi, jadi bonekanya bisa ditaruh disana. Nggak boleh dipangku, harus punya tempat duduknya sendiri! Oh tentu saja ini mengeluarkan biaya yang nggak sedikit. Nggak usah jauh-jauh deh, dari harga bonekanya saja tuh sudah selangit, gimana perawatan dan lainnya cobak?

Baca juga:  Senjata Tradisional Bali yang Sarat Akan Makna dan Sisi Magisnya

Loading...

Kalau Orang-orang Bali yang Punya Bakal Kayak Gimana, Ya?

kalau
Biar tumbuh dengan sehat dan kuat |Source: https://id.wikipedia.org/

Sebagai nak Bali dan nak Hindu, pastinya melewati rentetan upacara untuk kesehatan dan keselamatan diri. Dari lahir tuh sudah ada upacaranya seperti kepus puser, nelu bulanin sampai akhirnya beranjak remaja dan bisa mesangih. Harusnya spirit dollnya diupacarain nelu bulanin (disebut juga dengan nyambutin) juga nih, biar state rahayu gitu, eh. Btw tentang nelu bulanin, upacara ini sudah pasti harus dilakukan untuk bayi yang sudah memasuki usia tiga bulan dari perhitungan wuku atau pawukon. Ada upacara yang besar dan kecil, ini tergantung lagi sama asal daerah dan kesepakatan keluarga. Tujuannya? Untuk menyucikan bayi sehingga siap menginjak tanah bumi dan juga harapannya bisa hidup bahagia hingga dewasa.

Baca juga:  Ada-Ada Aja Kreatifitas Anak PlastikDetox Bali

Menurut kalian gimana nih tentang spirit doll? Apa jangan-jangan kalian lagi mau chekout spirit doll lewat e-commerce? Yaah balik lagi dengan kepercayaan masing-masing sih, ada yang nganggapnya lucu, bawa berkah sampai nggak habis pikir kenapa harus punya spirit doll. Daripada melebar kemana-mana, Mz ciao dulu. Bye!

Comments

comments

Hinda Nova
Thanks for being here. Keep doing awesome and see you again!