Hindari Menikah Pada Hari Berikut Jika Tidak Ingin Pernikahanmu Gagal

Emang siapa sih yang nggak mau langgeng sama pasangan? Dari pacaran sampek nikah terus punya anak, beuuh pengennya happily ever after pastinya. Kalau menurut orang Bali nih, ada hari dimana nggak boleh ada pernikahan alias hindari menikah pada hari kurang baik itu, kalau tetep ngotot yaudah bakal tau deh ending-nya kayak gimana. Lumayan nih buat infoin orang-orang terdekat, nyok langsung aja!

hindari menikah
Momen paling bahagia nih |Source: https://tekno-web.com/

Perhitungan Berbagai Unsur

Nggak hanya menentukan tempat pernikahan, pakaian dan biaya. Saat kalian mau menikah harus menentukan hari baik juga nih biar aman sentosa pernikahan kalian nanti. Terus kalau nanti dikasik momongan, biar gedenya nanti berbakti sama orang tua dan berguna bagi negara gitu lho.

hindari menikah
Di Kalender Bali biasanya lengkap banget |Source: https://www.tokopedia.com/

Istilah buat nyari hari yang cocok untuk sebuah upacara itu bisanya disebut padewasaan, kalau untuk nyari hari baik buruknya disebut ala ayuning dewasa. Yang dijadiin patokan itu biasanya berdasarkan penanggalan atau kalender Bali. Pokoknya harus bener-bener teliti nih, yang bisa baca beginian biasanya pemangku atau orang yang ngerti dunia per-kalender-an Bali.

Hindari Menikah Pada Saat Hari Berikut

Dikutip dari Bali Express, menurut penyusun Kalender Bali, Bapak Gede Marayana, penentuan dewasa Pawiwahan didasari oleh perhitungan berbagai unsur kayak wewaran (saptawara atau hari-hari dalam seminggu), pawukon, tanggal, sasih (yang baik untuk pawiwahan alias menikah itu pas Sasih Katiga, Kapat, Kalima, Kapitu, dan Kadasa), dan dauh. Wewaran yang baik menurut beliau nih ada hari Senin, Rabu, Kamis sama Jumat. Katanya mengandung unsur kebaikan gitu lho dari keempat hari tadi.

hindari menikah
Moga panahnya nggak berubah ke kiri yak, duh jangan sampek deh |Source: https://lifestyle.kompas.com/v

Terus buat pawukon yang wajib hukumnya kalian hindari ini ada Ingkel Wong, Was Panganten (hari-hari yang harus dihindari ada Minggu Kliwon dan Jumat Pon wuku Tolu, Minggu Wage dan Sabtu Kliwon wuku Dungulan, Minggu Umanis dan Sabtu Pahing wuku Menail, serta Minggu Pon dan Sabtu Wage wuku Dukut), Rangda Tiga (wuku yang harus dihindari yakni Wariga, Warigadean, Pujut, Pahang, Menail, dan terakhir, Prangbakat), Nguncal Balung (hari sepanjang 35 hari dari Buda Pon Sungsang atau sehari sebelum Sugihan Jawa atau seminggu sebelum Galungan, sampek Buda Kliwon Wuku Pahang yang biasanya disebut sebagai Buda Kliwon Pegat Wakan), sama Wuku Wayang. Nah, yang wuku ini nih harus banget kalian hindari soalnya Wuku Wayang dianggap kotor, jadi emang nggak boleh ngadain pernikahan.

Kalau kalian tetep ngeyel nih nikah pas hari-hari buruk yang Mz sebutin tadi, udah pasti bakal pernikahan kalian akan berakhir pertengkaran dan perceraian. Dahlah, ikutan aja biar nggak kenapa-kenapa kedepannya. Ngomong-ngomong tentang pernikahan, Mz punya rekomendasi nih buat kalian yang lagi bingung bikin undangan di tengah situasi kayak gini. Weddingku.id adalah sebuah website yang emang pembahasannya seputar pernikahan. Bikin undangan online disini sabi banget guys, dijamin aman pokoknya. Jangan lupa mampir yak, bye bye~

Comments

comments