Hilangkan Segala Kebodohan Kamu Di Pancoran Taman Mumbul

199
views
taman mumbul

Sangeh ga ngomongin soal wisata Monkey Forest-nya aja nih, tetapi masih ada lagi tempat yang seru buat dikunjungi untuk menambah wawasan kamu tentang kayanya alam  Bali yang menyatu dengan tradisi masyarakat Bali.

Perjalanan membawa Mz ke salah satu tempat di Sanger bernama Taman Mumbul. Sedikit yang belum mengetahui asal-usul tempat ini. Menurut tulisan Gus Alit Saskara Sangeh dalam Input Bali kalo Taman Mumbul merupakan lokasi suci yang digunakan untuk Upacara Melasti. Selain itu, kolam Taman Mumbul juga merupakan salah satu komoditi sumber air masyarakat Desa Sangeh untuk mengairi sawah dan memenuhi kebutuhan lainnya.

taman mumbul
Silahkan mampir kesini | Sumber gambar: kintamaniid

Kalo mau ke tempat ini kamu memakan waktu 1 jam untuk sampai kesini. tapi kalo mau ngebut bisa sampai 40 menitan lah. Tapi awas aja saat melewati Wisata Alam Sangeh, soalnya ada monyet yang berkeliaran. Pokoknya santai aja kesini dan selalu hati-hati.

Baca juga:  Mengkritik yang Asoy tuh Kayak Gimana Sih?

Pancoran Taman Mumbul yang berkhasiat menghilangkan segala kebodohan kamu

taman mumbul
Seger banget disini | Sumber gambar: objekwisatadibali

Nah kenapa bisa digunakan sebagai tempat untuk Melasti dan sebagai sumber mata air yang suci, bukan karena sembarangan ngomong doang, tetapi memang kepercayaan masyarakat sekitar untuk meyakini, bahwa air di tempat ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk penyucian diri.

Di Pancoran Mumbul ini dapat meleburkan sifat-sifat buruk kamu, seperti yang dijelaskan dibawah ini:

1. Tandri: malas
2. Kleda: menunda-nunda
3. Teja: pikiran gelap
4. Kulina: menghina/ menyakiti orang
5. Kuhaka: keras kepala
6. Metraya: berbohong
7. Megata: kejam
8. Ragastri: berzina
9. Bhaksa Bhuwana: membuat orang lain melarat
10. Kimburu: menipu

taman mumbul
Pemandangan disini juga bagus banget | Sumber gambar: panduanwisata

Hingga sekarang airnya masih dimanfaatkan untuk sarana upacara atau pengairan sawah desa sekitar. Buat kamu yang ingin kesini untuk sekedar berwisata aja juga boleh. Kalo bisa langsung aja ajak teman kamu yang nyebelin dan selalu bikin risih. Kali aja sifat buruk doi lebur semua disini, tapi yang jelas kalo mau menjadi lebih baik, itu kembali lagi pada diri sendiri. Seberapa besar usahamu untuk berubah.

Comments

comments