Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Sekretaris Akhirat Sang Suratma

867
views
sang suratma

“Awas nanti Sang Suratma nyatet kamu,” gitu kata-kata waktu masa kecil yang digunakan buat nakut-nakutin kamu agar ngga berani berbuat dosa. Cukup seru sebenarnya bahas sosok si Sekretaris dari akhirat ini. Keberadaannya juga sampai sekarang dipercaya sama masyarakat Hindu di Bali, kalau Beliaulah yang mencatat semua kebaikan dan keburukan manusia semasa hidupnya.

Dalam sebuah penjelasan yang dijelaskan oleh @calonarangtaksu Sang Suratma atau Chitragupta Kayastha mencatat semua perbuatan baik dan buruk manusia di sebuah buku/lontar. Beliau sendiri udah hafal apa yang kamu lakukan selama di bumi, jadi kamu ngga bakalan ada selah untuk mengelak dari segala dosa-dosa yang kamu perbuat selama ini.

Umpamanya Beliau seperti pengawas ujian yang diberikan amanat sama Dewa untuk mengawasi semua pergerakan dan kelakuan kamu sampai ajal menjemputmu. Beliau diilustrasikan sebagai seorang pria tua berjubah pendeta yang tengah duduk di depan sebuah buku besar atau berwujud seorang raksasa tua berjambul, bertaring tajam sedang menulis di sebuah lontar. Keberadaan Beliau juga punya asal usulnya nih dan wajib banget kamu tahu sejarah gimana Beliau hadir menemani keseharian kamu.

Sang Suratma ada untuk meringankan tugas Dewa Yama di akhirat

sang suratma
Ini cuman ilustrasi aja

Adanya Beliau di akhirat memang bertugas sebagai mencatat baik dan buruk perbuatan manusia semasa hidupnya, lalu menentukan kemana tempat yang pas untuk ditempatkan. Entar di surga atau di neraka, itu tergantung karma dan perbuatan kamu selama hidup.

Ceritanya cukup manusiawi sih, di mana pada awalnya Dewa Yama yang bertugas mengurus jiwa-jiwa yang udah meninggal merasa kerepotan. Saking kroditnya, Beliau pernah salah dengan menaikkan orang jahat ke Swargaloka dan menceburkan orang baik ke Narakaloka.

Wah, Dewa juga bisa kebingungan nih, apalagi kamu? Tapi namanya juga sebuah cerita, jadi memang tidak ada maksud untuk menghina atau mem-bully, tetapi dijadikan sharing aja, karena pembahasan ini hanya bikin biar kamu tahu sekilas peran Sang Suratma aja.

Baca juga:  Tidak Elok Kalau Tidak Tahu Kerajaan Ubud yang Tetap Berjaya

Karena kebingungan itu, maka Dewa Brahma menciptakan Beliau, melalui sebuah tapa untuk membantu Dewa Yama agar dapat menjunjung tinggi keadilan di akhirat, yang baik akan masuk surga dan yang jahat go to hell!

Sang Suratma dan semua hasil kejujuran catatannya

sang suratma
Sampai dibikinin patungnya

Mumpung masih hidup apakah kamu masih leha-leha dan bermalas-malasan untuk membantu sesama? Terserah aja sih, soalnya saat kamu sudah meninggal, akan ada sebuah penyesalan, di mana semasa hidup kamu ngga sempat untuk banyak-banyak beramal dan berbuat baik kepada sesama.

Dalam pemahaman Hindu, saat berada di pengadilan orang mati, para Kingkara akan membawa sang arwah ke hadapan Sang Suratma dan Beliau langsung membacakan semua karma si mati dari buku Agra-samdhani. Buku besar yang berisi seluruh catatan perilaku manusia di dunia dan Dewa Yama akan memutuskan kemana jiwa itu pergi, Narakaloka atau Swargaloka.

Sang Suratma juga merupakan bagian dari 4 kala pemimpin pasukan neraka yaitu, Jogormanik, Suratma, Dwarakala dan Mahakala. Dalam Lontar Kanda Pat, Suratma adalah perwujudan dari Prajapati, salah satu dari empat saudara yang mendampingi manusia selama hidupnya. Saat pertama kali diciptakan, status Suratma masih manusia tapi setelah pergi ke Narakaloka, statusnya jadi makhluk supranatural.

Baca juga:  Lupakan Kekalahan, Kini Saatnya Selamatkan Bersama Sungai Citarum

Gimana, kamu masih enggan untuk membantu sesama? Pikirkanlah dari sekarang! Tidak ada teori pasti agar bisa masuk surga. Memang banyak yang mengajarkan agar diwajibkan untuk selalu membantu sesama. Kalau membantu mencuri gimana, apa masuk surga atau neraka? Tergantung sih, kalau mencurinya seperti film Robin Hood bakalan masuk surga, karena mencuri dari kekayaan Raja yang rakus dan tidak adil kepada rakyatnya.

Yaudah, simak aja dulu video klip lawas Bali ini, kali aja mau masuk surga 😀

Dalam vide klip ini ngajarin kamu gimana cara sederhana agar bisa masuk surga (tapi tidak tahu ada bidadari apa enggak, soalnya Mz lupa) dengan saling berbagi, tidak egois, dan tetap membantu sesama tanpa menggarapkan hasil.

Dua anak kecil ini mewakili, bagaimana sebenarnya arti bahagia sesuangguhnya. Saling berbagi dan peduli bakalan bikin kamu jadi lebih bahagia dibandingkan selalu mengejar nafsu duniawi agar lebih diakui. Konsep Tat Twam Asi emang keren dan ini salah satu cara kamu bisa masuk Surga.

 

Comments

comments