Galungan Saat yang Tepat Main ke Bali

Menjelang rahina Galungan, suasana di Bali mendadak hangat dan diberkati. Orang-orang sibuk mempersiapkan diri dan yang diperlukan untuk menyambut hari kemenangan Dharma melawan Adharma. Penuh dengan suasana sukacita, kamu harus berkunjung ke Bali saat Galungan. “Memangnya kenapa, Mz?” Yuk, cari tahu kebih banyak.

galungan saat
Kalau senyum gini ‘kan senang lihatnya |Source: https://www.suara.com/

 Banyak Ritual Keagamaan

galungan saat
Pemangku, sang pemimpin dalam upacara keagamaan Hindu |Source: https://travel.kompas.com/

Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu akan melaksanakan upacara dan persembahyangan di Pura yang ada di desanya. Jadi, semua warga yang merantau akan pulang kampung dan sembahyang bareng keluarganya di pura. Setelah itu, mereka akan mengunjungi kediaman sanak keluarga lain untuk sekedar silaturahmi. Nggak lupa juga sembahyang di merajan tempat leluhurnya berada.

Penjor

galungan saat
Penjornya bikin jalannya makin cantik |Source: https://id.depositphotos.com/

Menjelang Galungan, sudah pasti penjor dipersiapkan untuk dipasang di depan rumah pada Penampahan Galungan (sehari sebelum Hari Raya). Penjor ini dibuat dengan mewakili hasil bumi dan dijadikan persembahan. Kalau kalian berkunjung ke Bali saat Galungan, sudah pasti di sisi kanan dan kiri jalan akan dihiasi dengan penjor yang tinggi menjulang. Asli, bikin jalanannya makin tambah cantik.

Saat Galungan, Pasti Menemui Hiburan Barong di Jalan

galungan saat
Lihat mereka seru banget dah |Source: https://www.idntimes.com/

Yang ini nih paling seru, ketemu Barong Landung di jalan! Barong ini akan dibawakan oleh anak-anak kecil ke pinggir jalan. Jadi, ada yang berperan sebagai Barong, dan pengiringnya. Kita yang sudah dewasa ngelhat anak-anak semangat kayak gitu jadi gemas sendiri. Jangan ragu untuk potret atau bertegur sapa dengan mereka ya. Oh ya, kalau kalian menemui mereka saat berkendara, kurangi kecepatan dan berhati-hati, soalnya kadang mereka saking serunya sampai ngabisin jalan.

Suasana Galungan ini dijamin akan menambah keseruan kalian saat berkunjung ke Bali. Makanannya yang enak, upacara keagamaannya yang beragam dan juga tempat wisata yang indah semakin mempercantik pengalaman kalian menghabiskan waktu di Bali. Jangan lupa kunjungi rekomendasi tempat wisata yang sudah Mz buat saat Galungan, pastinya harus ramai-ramai biar makin seru. Happy weekend!

Comments

comments