Festival Layangan Bali, Sudah Pasti Kamu Akan Lihat Hal Unik Ini

86
views
festival layangan bali

Bulan Juli ini Pulau Bali akan diwarnai dengan berbagai festival layang-layang dari seluruh penjuru daerah Bali. Festival Layangan Bali ini pun akan selalu meriah seperti biasanya. Ini memang menjadi salah satu daya tarik Bali dibidang pariwisata, karena jarang banget kamu bisa menemukan festival seperti ini.

Saat berlangsungnya perlombaan layang-layang ini, pastinya ada sesuatu hal unik yang terjadi dan mungkin sempat kamu lewatkan. Berikut beberapa hal unik yang bisa kamu temukan saat Festival Layangan Bali.

Sudah pasti layang-layang diberikan sesaji sebelum diterbangkan

festival layangan bali
Biar aman aja | Sumber gambar: YouTube

Tradisi ini yang selama ini masih dipegang oleh masyarakat Bali, di mana sebelum diterbangkan, layang-layang ini diberikan beberapa sesaji dan didoakan agar bisa terbang dengan lancar. Percaya atau tidak, cara ini memang salah satu yang menjadi sesuatu yang unik, mengingat layang-layang termasuk dalam aset Bali yang sakral.

Baca juga:  Tarian Mistis Di Bali yang Bikin Kamu Merinding Ketakutan

Panas bukan penghalang, yang penting layangan terbang

festival layangan bali
Hitam itu laki | Sumber gambar: katalogwisata

Semangat menerbangkan layang-layang memang berasa banget saat festival layangan ini. Meskipun cuaca yang amat panas, tidak bikin semangat para anak muda untuk menerbangkan layangan mereka. Saking serunya sampai lupa kalau kulitnya sudah pada gosong akibat terlalu lama kena panasnya matahari. “Ne penting layang menek”.

Selalu bikin inovasi tiap tahunnya

festival layangan bali
Selalu ditunggu tiap tahun | Sumber gambar: meloaku

Ini nih alasan mengapa Festival Layangan Bali ini tetap ramai tiap tahunnya. Karena tiap tahun sudah pasti ada inovasi-inovasi seru, entah itu layangan kreasi atau berbagai inovasi bentuk dan ukuran layangan Bali yang lebih besar. Kalau istilah lombanya bernama “Big Size”.

Baca juga:  Tokoh-Tokoh Legenda yang pernah Melakukan Brahmacari di Bumi

Kalau layang-layang sudah terbang, hatipun jadi senang

festival layangan bali
Senang karena udah terbang | Sumber gambar: tourismnews

Kalau ini sih sudah pasti senang banget ya, lantaran susahnya menerbangkan layang-layang yang ukurannya sangat besar. Belum lagi menerbangkannya rame-rame, sudah pasti harus selalu hati-hati sama rekan pelayang disampingnya. Momen menerbangkan layang-layang ini yang selalu ditunggu, karena pesona cantiknya layang-layang dilihat saat layangan tersebut dapat terbang dan menari di udara dengan lincahnya.

Mumpung festivalnya masih berlanjut, jadi siapkan kamera dan sunblock kamu deh jika ingin menikmati serunya festival layang-layang di Bali.

Comments

comments