Edukasi Lingkungan Pesisir Bareng Mangrove Nusantara Bali

514
views
mangrove nusantara

Gerakan anak muda Bali itu banyak banget. Apalagi gerakan lingkungannya yang seolah-olah ga ada matinya terus bergerak buat ngajakin kamu semua untuk menyisihkan waktu untuk peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar kamu.

Contoh berbagai gerakan yang udah massive di Bali, kayak:
1. Malu Dong Buang Sampah Sembarangan
2. TrashStock Festival
3. Earth Hour Denpasar
4. Palstik Detox Bali

Keempat gerakan komunitas itu, sampai sekarang terus digencar dilakukan. Maklum masa muda adalah masa di mana kamu masih semangat dan punya kebebasan buat melakukan hal gila dan kreatif kayak Masbrooo pastinya.

Nah, satu lagi komunitas yang bergerak dibidang lingkungan di Bali, bernama Mangrove Nusantara yang bergerak dibidang pelestarian hutan mangrove di Bali.

mangrove nusantara
Lagi sibuk liatin mangrove nih

Mangrove Nusantara didirikan pada 26 Oktober 2016. Baru banget!

mangrove nusantara
Ayo lestarikan

Berdirinya komunitas ini, berawal dari sebuah inisiatif dari beberapa orang penggiat lingkungan dari berbagai profesi baik dari kalangan peneliti, pariwisata, dan pekerja swasta yang ingin memberikan karyanya untuk membantu pengelolaan mangrove di Indonesia.

Baca juga:  Masekepung dan Tuak Adalah Nyawa

Sebenernya sih komunitas ini udah berjalan di tahun 2014, cuman baru mendapatkan legalisasi dari KEMENKUMHAM pada tahun 2016. Acara pertama yang udah dibikin sama mereka, seperti edukasi mangrove dan penelitian di wilayah Bali.

Mereka juga memiliki kegiatan bulanan, bernama Belajar Alam. Nah, kegiatan ini itu mengajarkan pada anak-anak sekolahan, terutama di daerah pesisir, untuk meningkatkan pengertian dan rasa peduli terhadap lingkungannya terutama mangrove dan pesisir.

Edukasinya itu seputar cara restocking kerang kima, pemetaan sumber daya alam, pengelolaan mangrove, dan bagaimana memulai ekowisata biar daerah tersebut memiliki potensi wisata. Menarik bukan? Masih banyak banget kegiatan mereka buat menjadikan mangrove sebagai sebuah potensi pariwisata dan cara melestarikannya.

Mangrove Nusantara bikin kamu jadi peduli sama kehidupan daerah pesisir

mangrove nusantara
Mumpung masih muda, jadi sibukin aja kegiatan di Mangrove Nusantara

Ga cuman menikmati keindahan pemandangan hutan mangrove-nya aja, kamu bisa ikutan bareng sama komunitas ini dan bakalan nambah wawasan kamu, karena selain kamu bisa punya kesempatan untuk mengenal lebih soal mangrove, kamu juga bisa ikut tahu gimana bisa mengembangkan potensi ekonomi kreatif dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia daerah setempat.

Baca juga:  10 Years of Existence: Bangga Punya Kalian

Selain itu, kamu bakalan diajarin bikin sebuah kampanye (bukan kampanye politik) soal pelestarian mangrove melalui publikasi ilmiah dan media komunikasi dalam bentuk yang mudah dipahami oleh masyarakat. so tunggu apalagi, silahkan kamu gabung bisa lewat IG mereka di @mangerovenusantara atau bisa email di info@mangrovenusantara.org

Comments

comments