Bikin Energi Terbarukan bareng Komunitas Bengkel Energi

293
views
bengkel energi

Ketemu lagi nih bareng Luh De Dwijayanthi, salah satu temennya Mz (karena udah punya pacar) yang sempet Mz bahas soal kesibukannya jadi seorang Volunteer gitu. Berhubung doi lagi ga sibuk lagi, jadi sempet ngobrol soal energi terbarukan gitu.

Ternyata dengan gabung Bengkel Energi, salah satu komonitas yang doi ikuti ini banyak banget memberikan manfaat soal energi terbarukan bagi masyarakat banyak. Komunitas ini dibentuk pada bulan Februari 2016 dan latar belakangnya sih kata Dwi “Latar belakang komunitas BE ini uniknya tidak ada yang dari energi baru terbarukan. Berbagai macam latar belakang kok, ada dari arsitek, teknik sipil, multimedia, meteorologi, penerbangan, sastra, pertanian, teknologi pertanian, kimia, fisika, biologi, hukum, keperawatan dan lainnya. Tapi pada ujungnya semua juga berkaitan dengan energi”.

Sepak terjang mulia anak-anak Bengkel Energi

bengkel energi
Mereka kira-kira ngapain ya?

Pemberntukan komunitas ini dimulai dari adanya sebuah pertemuan anak-anak muda Bali saat Youth Session di Bali Clean Energy Forum, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kemudian terus berlanjut hingga sekarang dan pergerakannya makin mantep menyuarakan gimana soal penerapan energi terbarukan itu.

“Tujuan membuat komunitas ini ingin mengampanyekan energi baru terbarukan bagi anak muda. Kita tahu kalau energi yang kita konsumsi saat ini seperti listrik dan bensin itu semua berasal dari energi tak terbarukan dan mengasilkan polusi. Jadi, kita ingin mengajak anak muda menyadari bahwa ada energi yang bisa kita peroleh dari permukaan bumi tanpa harus mengebor perut bumi,” jelas Dwi.

Baca juga:  Keluarga Besar Geng Motor ISCB Bali, Sangar tapi Tetep Kalem

Berbagai kegiatan kreatif yang dilakukan sama komunitas ini, kayak bikin Kelas Ranger Energi dan Jelajah Energi. Dwi menjelaskan Ranger Energi ini semacam sosialisasi energi baru terbarukan dan mengadakan workshop baling-baling sederhana, sedangkan Jelajah Energi itu, kayak studi trip ke tempat yang ada pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan.

Seru banget kan kalo kamu mau gabung sebagai agen perubahan untuk Bali yang lebih bersih dan lebih sehat dalam pemanfaatan energi. Beberapa sekolah dasar di Bali, seperti sekolah dasar di Tabanan, Gianyar, Klungkung dan Karangasem udah mereka datengin buat diajak tahu sedikit soal energi terbarukan ala Bengkel Energi.

Kebanggan Bengkel Energi dalam Pembelajaran Energi Terbarukan

bengkel energi
Lagi sibuk sosialisasi soal energi terbarukan nih

“Hal yang paling keren itu adalah keingingan untuk belajar dan mencari tahu seputar energi baru terbarukan (EBT). Kami menyadari bahwa ketika kita bahas EBT, pikiran kita sudah jauh atau bahkan tidak terjangkau. Padahal EBT ada di depan mata. Energi dari matahari, air, angin, biogas, semua bisa ubah menjadi energi listrik. Kerennya lagi, orang yang tertarik bergabung untuk belajar berasal dari berbagai latar belakang. Karena apabila dikaitkan, semua saling terikat satu sama lain” begitu penjelasan dari Dwi gimana bangganya komunitas ini untuk terus belajar dan memahami bagaimana EBT secara keseluruhan.

Baca juga:  Pemuda Keren itu Kayak STT Dharma Sawitra

Buat kamu yang merasa punya keinginan untuk gabung, mereka dengan senang hati bakalan mau nerima kamu asalkan kamu mau nunggu dengan sabar informasi buat gabung jadi anggota atau Volunteer mereka. Jadi, silahkan kamu bisa follow Instagram mereka di @bengkelenergi atau bisa kunjungi website mereka di bengkelenergi.org.

Dwi dan anggota lainnya berharap nantinya bisa beneran kampanye EBT pakai alat yang bisa diaplikasikan langsung, seperti contohnya bikin sebuah pilot project charger dari tenaga solar panel yang diterapkan untuk siswa-siswa SMA. Mantep bukan? Tunggu apa lagi langsung aja join buat tahu gimana keseruan mengenal lebih dekat tentang energi baru terbarukan.

bengkel energi
Semangat terus kakak, kakaknya siapa kaden ni

Comments

comments