Biar Ngga Cuma Ke Pantai, Air Terjun Ini Pun Patut Dikunjungi di Bali

Dari sekian banyak tempat wisata, pantai memang selalu menarik perhatian. Nggak heran, pantai jadi tempat wisata termurah dan melepas penat bagi banyak orang. Tapi, sadar nggak sih tempat wisata kayak air terjun juga nggak kalah menarik? Segar, asri dan pastinya memanjakan mata. Lima waterfalls yang akan Mz bahas bisa jadi destinasi wisata saat kamu ada waktu senggang, yuk kepoin!

Air Terjun Goa Rang Reng, Gianyar

air terjun
Nggak kelihatan kayak air ya |Source: https://www.tripbaligo.com/

Terletak di Desa Bakbakan, Gianyar, Goa Rang Reng waterfall ini memiliki aliran air yang jernih dan sejuk. Walaupun tergolong masih baru, tempat wisata ini berhasil menarik banyak hati pengangumnya. Sudah pasti disini kalian bisa bermain air dan berswafoto. Kalau kalian datang kesini, diharapkan untuk selalu berhati-hati karena rute jalannya yang masih tanah dan bebatuan. Btw, di hulu sungainya ada goa yang bernama Goa Rang Reng, biasanya dijadikan tempat untuk melukad, itulah kenapa dianggap sangat suci dan kita sebagai tamu tidak boleh berkata atau melakukan hal-hal yang kurang pantas. Wanita yang sedang haid pun nggak diperkenankan masuk ke goanya.

Tegenungan Waterfall, Gianyar

air terjun
Aesthetic nih |Source: https://id.pinterest.com/

Kalau yang Goa Rang Reng masih baru, Tegenungan waterfall yang juga terletak di Gianyar (tepatnya Kemenuh, Sukawati) ini lebih dulu dikenal wisatawan. Aliran airnya yang deras membuat kamu harus ekstra waspada apalagi saat musim hujan. Walaupun begitu, airnya yang bersih dan bening nggak akan bisa kamu tolak untuk sekedar main air. Disini juga ada tempat makan, tempat ganti pakaian dan toilet sampai gazebo untuk tempat mengistirahatkan diri sejenak.

Leke-leke Waterfall, Tabanan

air terjun
Perjuangan nih buat kesini |Source: https://aeropay.app/

Terletak di Baturiti, Tabanan, Leke-leke waterfall juga punya pemandangan yang nggak kalah cantik. Dikenai tiket masuk sebesar Rp. 20.000, kamu harus melewati jalan yang cukup jauh. Untuk lewat jalannya ini kamu harus hati-hati, nanti juga akan ada jembatan yang harus dilalui. Walaupun nggak terlalu luas, aliran airnya cukup deras. Hempasan angin akibat airnya juga sangat terasa sampai tumbuhan-tumbuhan sekitarnya bergerak nggak karuan. Saat melewati rutenya, kamu akan menemui warga sekitar yang sedang beraktivitas dan juga tempat menjual air kelapa.

Air Terjun Banyumala, Buleleng

Twins waterfall |Source: https://natantransport.com/

Punya aliran air yang jernih dan tenang, Banyumala waterfall terletak di Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Kadang disebut twins waterfall karena memang aliran di tengahnya lebih besar dari samping kanan dan kirinya. Karena tenang, kamu bisa mandi dan menikmati sejuknya air. Oh ya, katanya akan ada aroma kopi dan cengkeh yang tercium sepanjang Juli dan Agustus.

Banyu Wana Amertha Waterfall, Buleleng

Boleh juga gayanya |Source: https://bali.idntimes.com/

Sama-sama terletak di Desa Wanagiri, Banyu Wana Amertha waterfall letaknya berdekatan dekat twins waterfall. Aliran airnya yang terlihat banyak semakin menambah kecantikannya. Btw, airnya ini berasal dari hutan lindung yang ada di Wanagiri. Sama seperti rute waterfall kebanyakan, kamu harus rela menuruni anak tangga sampai beratus-ratus jumlahnya.

Wisata waterfalls di atas nggak bakal kalah deh sama pantai. Sejuk, bikin adem dan pastinya cocok untuk kamu yang ingin refreshing. Selalu ingat jaga kebersihan, kondisi tubuh yang fit dan barang bawaan ya. See you!

Comments

comments