Bedanya Parsel dan Hamper Sampek Ada Kaitannya Dengan Gebogan

Biasanya kalau mau hari raya pasti kebagian parsel sama hamper gitu kan, hayo, ngaku siapa yang masih bingung bedanya parsel dan hamper apaan? Ya emang sih sama-sama kebungkus, ada jajan sama minumannya tapi keduanya tuh tetep beda. “Duh, nyeroscos ae, jelasin makanya biar ngerti!” Iya iya sabar dong ah!

Happy Eid ya guys, mohon maaf lahir & batin |Source: https://www.indozone.id

Parsel dan Hamper, Bedanya Apaan Sih?

Masih banyak banget nih yang suka salah kaprah sama parsel dan hamper. Gara-gara sama-sama dibungkus dan dikasi pas hari raya atau hari bahagia lainnya, yaudah disamain aja gitu. Tapi sebenernya beda, bos. Beda banget.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

LEBARAN PREPARATION ! Yukkk di order buruan Parcelnya . . ORDER PARCEL LEBARAN . . Limited stock 😉 . . Angela Florist Jalan Balai Rakyat Klender Jakarta Timur . WA: 089697115778 Line : KLIK LINK DI BIO . #parcellebaranmurah #parcellebaran #parcellebaran2017 #parcellebaranpecahbelah #parcelpiring #parcelmurah #parcelgelas #jualparcellebaran #karanganbungajakarta #bungalebaran #paketkue #paketlebaran #paketkuelebaran #paketkuelebaranmurah #lebaranparcel #hadiahlebaran #anekaparcel #parcelramadhan #parcelramadan #parcelramadhanmurah #parcelmakanan #parcelsnack #parcelmakanan #inacookies #kuekering #kueinacookies #parcelkeranjang #buketbunga #bungatangan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Angela Florist 🇮🇩 (@angela.florist) pada

Katanya parcel tuh merujuk sama sesuatu yang dibungkus. Jadi mau makek apa ngebungkusnya, ya namanya parsel. Isinya kadang ada makanan, minuman tapi bisa juga dokumen atau barang lainnya. Biasanya ada kurir gitu kan yang bakal nganterin dan ngasi parsel juga nggak harus pas hari raya atau hari bahagia lainnya, beda sama hamper yang nyimbolin hadiah perayaan tertentu.

Terus kalau parsel itu buat yang hubungannya nggak deket gitu lho, beda sama hamper buat orang-orang terdekat dan kesannya lebih personal. Makanya isi hamper tuh kayak ada poin plus-nya gitu, apalagi buat orang terdekat pasti pengen ngasik yang terbaik kan.

Waduuh demenannya ciwi-ciwi |Source: https://www.amazon.co.uk

Bedanya sama hamper cuman tempatnya aja sih. Hamper itu merujuk sama keranjang, jadi barang-barang yang mau dikasik tuh harus dalam wadah (keranjang).

Buat barang-barangnya juga bisa macem-macem sih, kayak lebih banyak gitu dari parsel. Parsel sama hamper bisa digabung yak namanya Fusion, ya digabung biar makin keren aja.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Meskipun tahun ini belum bisa hadir dan berkumpul bersama orang-orang tersayang, kamu tetap bisa membagikan dan mengirimkan rasa hangatnya silaturahmi kepada mereka.. Tetap jalin tali silaturahmi dan nuansa hangatnya Idul Fitri untuk mereka yang tersayang dengan #dirumahaja 💕 Introducing you.. Moroccan Picnic – Eid Mubarak Hampers By @96th_avenues 1 Hand Woven Picnic Rattan Basket 1 Luxury Golden Cushion 40x40cm 1 Sajadah 70x110cm 1 Shea Butter & Peach Cream Hand Wash 1 Greeting Cards (Bisa Custom Isi Ucapan) 1 Chocolate Stick Wafers 1 Smoky BBQ Potato Chips 2 Orange Squash Decorated with Artificial Flowers & Dried Palm Leaves 💕 JADETABEK AREA ONLY Available Courier: Gojek Instant, Grab Express Instant, Grab Car Delivery, Deliveree 📦 ————————————————- DM & Contact us for the details 💌 Whatsapp : +62 813 1771 4088 Line ID : @jae7753p (using @) Instagram : @96th_avenues . . . . . #hamperslebaran #lebaranhampers #souvenirlebaran #corporatehampers #eidmubarakhampers #parcellebaran #lebaranparcel #parcel #parcellebaranmurah #kadolebaran #kuelebaran #parcelramadan #parcellebaranjakarta #lebaranhampers2020 #ramadanhampers #hampersramadhan #lebaran2020 #hampersjakarta #jualparcel #jualparcellebaran #hampersidulfitri #parsellebaran #idulfitri2020 #parcelidulfitri #premiumhampers

Sebuah kiriman dibagikan oleh 96th Avenue’s (@96th_avenues) pada

Ngomong-ngomong tentang parsel sama hamper nih, ada juga nih yang rasa-rasanya kayak rada sama gitu. Ala Bali gitu lho, ada rasa-rasa lokalnya cuman nggak dibungkus sih. “Namanya apaan mz?” Gebogan, Brooo.

Hubungannya Dengan Gebogan

Nah yang kayak begini nih |Source: https://www.flickr.com

Kalau parsel sama hamper kan harus dibungkus rapi, gebogan (nama lain: Pajegan) harus disusun rapi. Isinya juga menyesuaikan budget kita, asalkan tulus ikhlas aja udah pasti mantep tuh. Ada buah-buahan sama jajan khas Bali, pokoknya serba lokal.

Buat tinggi rendahnya juga sesuai budget aja, kalau mau yang sederhana aja gpp tapi kalau mau yang mewah juga silahkan. Pokoknya, kuncinya tuh harus tulus ikhlas. Bentuknya kayak gunung kan, menjulang ke atas gitu. Makin ke atas, makin mengerucut alias lancip.

Kanan kiri oke ya buk |Source: https://id.pinterest.com

Ditujukan Untuk Persembahan

Karena ini buat persembahan, sebenernya ada ketentuannya juga kalau mau bikin gebogan. Jadi, harus ada lima macem buah gitu yang berasal dari lima jenis kelahiran yang berbeda, ini namanya Panca Rengga. Katanya nih, kalau Panca Rengga-nya nggak ada atau kurang gitu, nilai spiritualnya bakalan lenyap.

Lima jenis kelahiran yang beda tuh ada yang lahir dari bunga (kayak mangga, jeruk, apel), lahir langsung dari pohon (kayak nangka, durian, dll), lahir dari akar (kayak bengkuang sama ketela), buah bersisik (kayak buah naga, nanas, salak) dan terakhir, yang sekali berbuah dan pohonnya langsung mati (kayak pisang).

Dari tahun 1930 udah ada bro |Source: https://id.pinterest.com

Abis tu disusun deh di atas dulang (tempat buat naruh buah, jajan, bunga dan sampian). Biar makin cantik yang ditambah bunga, makin warna warni deh. Kalau sampian (dibaca: sampyan) itu tuh sebagai simbol senjata gitu lho, buat memerangi adharma alias yang nggak baik dan sebagai wujud persembahan dan bhakti kita pada Hyang Widhi. Jadi wajib, harus ada sampian. Diatas sampian juga harus dikasik canang.

Gebogan itu ‘kan sesaji dan isinya tuh ngewakilin hasil bumi jadi harus banget ngikutin sesuai ketentuan biar nilai spritualnya tetep ada. Setiap gebogan ngewakilin satu keluarga, jadi kalau di pura ada tuh tempat buat naruh gebogannya biar bisa ditaruh barengan.

Keren ‘kan |Source: https://dedotblog.wordpress.com

Abis dijadiin persembahan, buah-buahan sama jajan tadi ‘kan bakal kita yang makan. Jadi banyak yang bilang, kita tuh makan bekas Tuhan. Karena pengaruh modernisasi juga nih, minuman kaleng atau semacemnya dipakek juga buat ngisi gebogan. Sebenernya sih nggak boleh, ‘kan nggak termasuk dari Panca Rengga tadi.

Hampir miriplah ya sama parsel hamper, cuman bedanya isi dan siapa yang mau dikasik. Terserah dah kalau mau mewah atau sederhana, pokoknya tulus ikhlas aja, dijamin berkah deh. Inget lho ya, harus ikhlas!

Comments

comments