Bali Sudah Masuk PPKM Level 3, Apa yang Beda dari Sebelumnya?

Pada tanggal 23 Agustus 2021, Bapak Joko Widodo menetapkan kalau PPKM di Bali diturunkan menjadi level 3. Tentu aja nggak cuman Bali, ada beberapa daerah juga yang ikut levelnya diturunkan. Karena sudah masuk ke beda level, pasti ada perbedaannya ‘kan. Tapi bedanya apa ya?

Di Pontianak nih |Source: https://nasional.kompas.com/

Sudah Masuk PPKM Level 3

Sempet juga kita kayak gini kemarin |Source: https://www.indozone.id/

Setelah perpanjangan PPKM Level 4 yang durasi waktunya terus ditambahkan, sekarang levelnya menurun menjadi level 3. Pengumuman turunnya ini disampaikan langsung oleh Bapak Joko Widodo pada Senin, 23 Agustus 2021. Keputusannya ini pun nggak hanya menunjuk Bali yang levelnya diturunkan, tapi ada aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan daerah lainnya. Nah, ‘kan kemarin diumuminnya, jadinya diberlakukan dari tanggal 24 Agustus sampai 30 Agustus 2021. Alasan dibaliknya ini tentunya dipengaruhi sama menurunnya angka positif Covid-19 di beberapa daerah tadi. Angka kesembuhannya udah jauh lebih meningkat, dan dirasa sudah mulai aman kalau aturannya dilonggarin dikit. Tapi kalaupun dilonggarkan, protokol kesehatan tetep jadi prioritas utama.

sudah masuk
Nih, penyekatan di Tabanan |Source: https://www.gridoto.com/

Apa yang Beda?

sudah masuk
Di Bali juga sepi banget |Source: https://bisnis.tempo.co/

Sebenernya hampir sama kayak aturan-aturan yang sebelumnya udah diberlakukan. Cuman karena ini dilonggarkan, jadi udah agak mendingan gitu lho untuk beberapa hal. Kalau dirangkum jadinya kayak gini :

  • Tempat ibadah boleh dibuka tapi kapasitasnya hanya 25% atau kira-kira 30 orang.
  • Restoran atau tempat makan boleh dibuka dengan kapasitas yang sama juga, 25%. Cuman boleh ada dua orang di satu meja dan tutup pukul 8 PM.
  • Ditutup sampai 8 PM juga, mall dibuka dengan kapasitas 50%. Karena udah pasti bakal banyak yang belanja, protokol kesehatan yang dijalankan sangat ketat dan diatur lebih lanjut sama pemerintah daerah (perda)
  • Untuk industri yang berorientasi ekspor dan penunjang lainnya boleh beroperasi 100%, tapi kalau seandainya ada klaster baru lagi, mau nggak mau harus tutup 5 hari.

Selain penggunaan masker, hand sanitizer atau cuci tangan dan jaga jarak, kalian juga diminta untuk download aplikasi PeduliLindungi di smartphone masing-masing. Itu adalah aplikasi yang memudahkan kalian untuk melihat hasil vaksinasi maupun hasil tes rapid dan swab PCR, terus bisa melihat rangkuman perjalanan kalian udah kemana aja. Pas mau masuk gedung dan harus scan QR Code juga bisa makek aplikasi ini, dan fitur lain yang ditawarkan adalah konsultasi dokter dan keikutsertaan kalian dalam vaksin Covid-19. Intinya, aplikasi ini udah mencakup banyak banget fitur yang akan memudahkan kalian pergi kemanapun.

sudah masuk
Dulu ini jadi salah satu jalan teramai dan nggak jarang macet juga |Source: https://www.liputan6.com/

Nggak beda jauh ‘kan? Seharusnya kalian udah tahu dan terbiasa sama peraturan di atas, ‘kan sebelumnya pernah diberlakukan juga di Bali. Pokoknya penutup dari Mz, tolong banget jaga kesehatan, jangan anggap remeh mentang-mentang kalian merasa sehat-sehat aja. Selalu pakek hand sanitizer atau cuci tangan bila perlu pas mau masuk suatu tempat dan saat sudah sampai rumah. Kita nggak tahu apa yang kita bawa dari luar, jadi selalu inget jaga kebersihan dan kesehatan. Stay safe!

Comments

comments