Ayam Betutu, Ayam Khas Bali yang Nikmatnya Nggak Bisa Kamu Tolak

ayam betutu

Ayam betutu! Makanan khas Bali ini punya ciri khas dengan warnanya yang kuning dan rasanya yang gurih hingga pedas. Punya cita rasa lezat yang nggak mungkin bisa kamu tolak, simak kenapa makanan ini begitu spesial dan tempat makan mana saja yang bisa kamu datangi. Check these out!

Ayam Khas Bali

Ya siapa juga yang bisa nolak beginian |Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Kebanyakan orang-orang tahunya makanan khas Bali itu hanya lawar dan sate lilit, padahal ayam betutu sendiri juga salah satu makanan khas Bali dan dapat predikat makanan dengan olahan ayam terenak. Identik dengan warnanya yang kuning kecoklatan, ayam betutu ini dibuat dengan campuran rempah-rempah atau biasa disebut base genep. Ada juga menggunakan base wewangenan dan juga daging bebek.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

ayam betutu
Ada yang ketinggalan nih. Nasi! |Source: https://foodpornindonesia.blogspot.com/

Yang harus kalian cobain kalau di Bali adalah ayam betutu khas Gilimanuk. Apalagi pecinta pedas, ayam betutu yang satu ini punya cita rasa yang khas yakni tingkat kepedasannya. Tenang, pedasnya nggak nyiksa kok malah makin nikmat dicampur nasi hangat. Seporsinya dibandrol mulai 20 ribuan.

Warung Liku

ayam betutu
Mulai ngiler nih |Source: https://infowarungnasi.blogspot.com/

Terletak di jalan Gandapura, Kuta, warung makan yang satu ini sudah terkenal di kalangan penikmat ayam khas Bali. Selain itu, nasi campur juga tersedia disini. Yang bikin warung makan ini spesial gara-gara proses masaknya yang beda. Biasanya ‘kan direbus dulu baru dipanggang, nah disini tuh dipanggang dulu 30 menit baru direbus selama 3 jam. Selain biar bumbunya meresap, alasan lainnya biar minyak di ayamnya itu habis. Kira-kira seporsinya dikenai 15 hingga 20 ribuan.

Baca juga:  Pernah Cobain Wakeboarding Hingga Jump Slide di Bali? Kamu Harus Cobain!
Loading...

Nasi Ayam Betutu Pak Man

Yummy! |Source: https://www.piknikdong.com

Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man juga bisa kamu kunjungi. Selain ayam (ada betutu goreng juga), ada juga bebek betutu, urap kacang hingga gerang asem. Kamu bisa pesan dari 1/4 hingga 1 ekor ayam penuh, kurang lebih biaya yang harus kamu keluarkan sekitar 20 ribu hingga 100 ribuan. Minuman yang tersedia juga beragam dari yang hangat hingga yang dingin.

Men Tempeh

Plecingnya juga jangan dilupain dong |Source: https://www.infomakan.com/

Ini apalagi, sudah terkenal banget ini! Warung makan legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1978. Terletak di dekat Pelabuhan Gilimanuk, nggak heran warung makan ini jadi tempat makan terfavorit bagi wisatawan domestik hingga mancanegara. Men Tempeh dulunya seorang pegawai asal Gianyar, hingga akhinya memutuskan merantau ke Gilimanuk dan berjualan ayam khas Bali. Sama juga nih, kalian bisa memesan 1/4 hingga 1 ekor ayam yang dibandrol hingga 100 ribuan.

Baca juga:  Konsumsi Kerupuk Ikan Buntal, Kedua Gadis Kecil Ini Alami Hal Yang Tak Terduga

Karena ayamnya yang nggak bisa dipesan per porsi alias ada ukurannya tersendiri, disarankan kalian makan ramai-ramai. Jangan lupa juga untuk memesan menu lain seperti plecing kangkung, sate lilit hingga kacang goreng. Dijamin bikin nagih!

Comments

comments