Kenalkan, ini adalah teman Mz yang berjuang demi legalisasi ganja melalui kursi DPR RI tahun 2019. Namanya, Indra Mandhala Putra a.k.a Iman, anak muda Bali berusia 29 tahun. Apa yang dipikirkannya membawa ‘legalisasi ganja’ menuju Senayan? Pasti banyak yang dipikirkan. Mulai dari dampak, khasiat, dan tindakan untuk memperjuangkan ganja itu sendiri. Jangan nerawang-nerawang, nanti tersesat. Kalau boleh saran, mending langsung ...

Sesuai dengan judul yang kamu baca, kali ini Mz akan ngomongin Imlek. Kalau sekarang Mz tanya apa itu Imlek, pasti semua udah bakalan tau. Aluh ben ngorang, Imlek adalah Tahun Baru Cina. Pertanyaannya, sebenarnya Imlek ini Hari Raya Agama atau tradisi sih? Dari informasi yang Mz baca di Tridharma  sebagian orang menganggap hari besar Imlek ini adalah sebuah tradisi turun temurun untuk ...

Lokasinya yang berada di tengah Kota Denpasar membuat Babi Guling Gerenceng banyak dikunjungi sama penikmat kuliner. Bukan karna lokasi aja sih, kelezatan makanan yang disajikan emang bikin merem melek. Nggak percaya? Cobain deh langsung. Kalau mau nyobain, jangan lupa mebekel uang dari rumah ya, soalnya abis makan kamu harus bayar (yaiyalah). Kira-kira Rp 35.000 kamu udah dapet satu porsi Babi ...

Kepunahan nama Nyoman dan Ketut menjadi salah satu ketakutan bagi Pak Koster dan mungkin juga beberapa warga Bali. Wajar lah takut, soalnya Pak Koster pengen biar nama Bali tersebut tetep ada dan digunakan oleh masyarakat Bali. Kalau ngikutin kebijakan pemerintahan pusat yang menyarankan 2 anak cukup, otomatis Nyoman dan Ketut akan tenggelam dalam jaman. Kebijakan program Keluarga Berencana (KB) dengan ...

Netizen kembali membuat keriuhan di media sosial. Awalnya keriuhan ini nggak sampai ke Mz, tapi karena temen Mz yang ngasi tau, jadinya Mz ikut nimbrung diantara keriuhan ini. Udah lah Mz, jangan banyak cakap, langsung ae! Iya, sabar. Duh! Keriuhan yang Mz maksud di sini adalah hashtag Uninstall Gojek atau #UninstallGojek. Hal ini terjadi nggak mungkin tanpa sebab. Nggak mungkin ...

Ada kalanya, saat kamu berkunjung kedalam sebuah Pura di Bali, setiap Puranya memiliki sebuah sejarah dan kisah-kisah unik sekalgus menyeramkan. Bukan Bali namanya kalau ceritanya tidak membahas seputar peninggalan jaman dulu yang memiliki nilai historis yang mistis. Kini Mz, mau sharing soal Pura Petitenget yang berlokasi di Kerobokan, Badung, Bali. Kalau mau kesini sih kurang lebih sekitar 40 menitan dari ...

Kamu pasti pada tahu sendiri kalau penyelenggaraan International Monetary Fund and the World Bank atau dikenal dengan singkatan IMF-WB kali ini akan diadakan di Bali selama 8-14 Oktober 2018. Wow! Kenapa Bali ya yang dipilih untuk penyelenggaraan IMF tahun ini? Mz juga sebetulnya masih bertaya-tanya alasan mengapa pertemuan ini pengennya diadain di Bali. Seperti yang diketahui, Bali memang sudah dikenal ...

Tau Taman Kota Denpasar kan? Lapangan Puputan tau? Kalau alun-alun pasti tau kan? Nah itu dah Taman Kota Denpasar. Taman kebanggaan kota Denpasar ini memang banyak punya nama, jadi jangan heran kalau tiap orang nyebutnya beda. Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu. Bisa dibilang gitu hehe…. Lokasinya tepat di Titik Nol Kota Denpasar, berupa sebuah lahan hijau dengan luas ...

Yang namanya travelling pasti menyenangkan. Pergi ke tempat-tempat yang unik gitu kan, apalagi dengan biaya travelling murah. Beuh! Ngaku deh, kalian pasti memilih untuk travelling bareng temen-temen kalian ketimbang diem bosan di rumah. Tapi biasanya kendala saat travelling yang paling klasik adalah “nggak punya duit”. Yaa… maklum anak muda, sukanya jalan-jalan, tapi modal pas-pasan. Nggak usah khawatirin masalah uang, karena Mz ...

Ngomongin soal atma atau roh orang yang udah meninggal pastinya bakalan menarik nih, soalnya Mz kali ini mau sharing soal atma yang jadi Bhuta Cuil. Kebanyakan orang jarang mendengar kata Bhuta Cuil ini dan biasanya cuman tahu istilah roh kesasar. Di Bali istilah tersebut ternyata udah lumrah diketahui, namun ternyata ada perbedaan antara atma dengan roh, di mana berdasarkan Kalenderbali.com “atma” itu sendiri ...