Salah satu hal yang ditunggu saat perayaan Nyepi adalah Ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh ini sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Bali. Beraneka rupa instalasi patung berbentuk raksasa diarak keliling desa, diiringi gamelan dan sepenggal cerita, yang ditampilkan dalam bentuk tarian oleh para pemuda. Begitu sih awalnya. Namun, semakin lama, berbagai ‘kepentingan manusia’ pun mulai memasuki ranah ogoh-ogoh, yang menurut beberapa orang adalah ‘penyimpangan’ ...

Nggak salah kalau Bali disebut sebagai surga liburan di Indonesia, dan bahkan dunia. Selain punya pemandangan alam yang indah, pulau ini juga memiliki puluhan tempat liburan yang menantang nyali dan nggak akan kamu temukan di tempat lain. Seperti beberapa tempat wisata ekstrem berikut ini. kamu bisa menjelajahinya bareng teman dan seru-seruan di Bali sampai puas! Buktikan Nyalimu saat Main Wakeboarding ...

Di tahun 2010an yang lalu kalau nggak salah, sempet heboh di dunia maya keberadaan Candi bawah laut tepatnya di daerah Pemuteran, Singaraja, Bali. Banyak asumsi yang bermunculan, pertanyaannya dari manakah asal candi ini? Hmmm… Ada yang bilang candi ini peninggalan jaman dulu, tapi semua itu terbantahkan. Ternyata semua ini adalah ulah dari perusahaan selam PT Sea Rovers. Ini candi buatan, ...

Beragam prestasi di raih Kota Denpasar di awal tahun 2019 ini, setelah sebelumnya terpilih menjadi Kota Sehat Dunia dan Kota Besar Cerdas se-Indonesia, kini Denpasar kembali mendulang prestasi dan menjadi peringkat 4 sebagai Kota Layak Huni di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementrain Agraria dan Tata Ruang RI. Hal ini menjadikan Denpasar sebagai satu-satunya kota yang paling layak di huni di ...

Siapa sih yang nggak mau kalau dikasih liburan? Di tengah-tengah kerjaan yang padat dan kegiatan sekolah atau kampus, kalau dikasih liburan pasti bakal mantep bets. Liburan memang masih lama, liburan panjang maksudnya, tapi nggak ada salahnya untuk direncanakan dari sekarang. Bebas. Mau sendiri atau ramean sama teman-teman yang penting bisa liburan. Tapi alangkah baiknya bisa rame-rame kan biar seru. Biar ...

Mundur jauh ke belakang dari tahun 2019, ada isu yang beredar pada saat itu, isu pembuatan jembatan penghubung Pulau Jawa dan Bali. Jujur-jujuran aja nih, Mz tau hal ini baru-baru ini. Awalnya Mz kira ini hal yang baru, tapi ternyata sudah pernah dibahas jauh sebelum tahun ini. Kamu pikir Mz telat bahasnya? Tidak, Sobat. Isu ini, pembangunan jembatan penghubung Pulau ...

Saat ini, kendaraan (khususnya mobil) sudah menjadi sebuah keperluan bagi umat manusia dengan mobilitas yang tinggi. Biasa, manusia jaman sekarang (mungkin jaman dulu juga) udah pada sibuk banget. Entah itu emang karna sibuk, atau sok sibuk. Perlu bukan berarti harus punya. Sekarang, hanya dengan sebuah aplikasi kamu udah berasa punya mobil pribadi lengkap dengan sopirnya. Enak, kan? Kamu tahu nggak, ...

Kenapa kaden ni? Dari tahun lalu Bali panas banget, puncaknya Mz rasain di Bulan Januari ini. Puncak panas yang sempet Mz catat sampai 32 derajat Celcius. Idupin 1 kipas angin serasa nggak cukup, tapi kalau idupin 3 kipas angin sekaligus malah masuk angin. Serba salah. Mz nggak sendirian, temen-temen Mz juga merasakan panas yang banget ini. View this post on ...

Tanggal 15 Januari 2018 yang akan datang ini, akan diselenggarakan pujawali Pura Uluwatu, tepatnya pada Anggara Kasih Medangsia. Sebelum diselenggarakannya acara ini, Mz dapet informasi nih kalau tebing di sekitaran Pura Uluwatu mengalami keretakan. Duh~ Jangan takut, gaes. Berdasarkan informasi yang Mz baca di Berita Bali, Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin menghimbau kepada pemedek untuk ...

Momen langka di mana hari raya besar dirayakan secara bersamaan terjadi kembali. Sebelumnya kan udah tuh Saraswati dan Nyepi di tahun 2018 dilaksanakan berbarengan, trus bulan Desember 2018 kemarin juga Hari Raya Lintas Agama terjadi berbarengan, Penampahan Galungan dan Natal, kemudian di awal tahun 2019 ini terjadi lagi, Kuningan dan Siwaratri bertemu di tanggal yang sama. Wow, wow, wow~ Hari ...