Antara Kalender Suku Maya dan Kalender Bali

Dari tahun 2012 sampek 2020, rumor kiamat masih suka jadi trending nih. Ada yang panikan, ada yang santuy juga karena percaya nggak bakal kejadian. Btw, kamu tim mana nih, panikan apa santai? Karena timing-nya pas banget, Mz bakal berusaha jelasin tentang kalender Suku Maya sama Bali dah. Masih berusaha lho ya.

kalender bali
Ini lho kalender Suku Maya |Source: https://www.katakini.com

Kiamat Pas 21 Juni 2020

Lagi lagi menurut kalender Suku Maya, katanya seluruh dunia bakal kiamat. Kalau pas tahun 2012 itu tanggal 21 Desember, sekarang pas 2020 tanggal 21 Juni. Baru aja kemarin, mana itu pas banget lagi sama tanggalnya Gerhana Matahari Cincin Api bakal terjadi.

Kalender Bali
Tim yang suka kelewatan nonton gerhana mana nihh? |Source: https://nasional.kontan.co.id

Beritanya nih sampek sempet trending di Twitter, nanggepin hal itu MUI alias Majelis Ulama Indonesia minta masyarakat nggak terpengaruh. Pokoknya nggak benar dah, apalagi tanda-tanda kiamatnya juga nggak ada. Kata Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abas, tanda-tanda kiamat yang ada di hadis Nabi tuh ada asap, Dajjal, matahari juga bakalan terbit di tempatnya pas terbenam sampek tiga kali gempa.

Kalender Bali
Pokoknya tentang Science dah |Source: www.azquotes.com

Ada juga nih menurut seorang astronom Amerika Serikat Phil Plait bilang itu semua nggak masuk akal, ini kayak dilaporin sama Syfy.com. Jadi pas dibilang bakal kiamat tahun 2012 itu salah banget, istilahnya kayak akhir tahun gitu lho. Kayak kamu merluin kalender baru pas udah tahun baru, jadi kan belum tentu itu bakal kiamat.

Bukan Yang Pertama Kali

Sebenernya kiamat udah diprediksi pas Mei 2003 tapi nggak kejadian, terus mundur lagi tuh jadi tahun 2012 dan untungnya nggak kejadian juga. Buat tahun 2020, you know-lah, kamu masih aman kan yak? Kalau pas 2012 katanya ada planet X a.k.a Planet Nibiru bakal nabrak bumi. Nggak cuman itu, katanya bakal ada pergeseran kutub bumi, hujan api sampek gempa dahsyat. Pokoknya sama kali dah kayak film 2012.

Kalender Bali
Legend scene nih |Source: https://2012movie.fandom.com

Terus NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) nggak tinggal diem dong, mereka menanggapi kalau itu nggak bener sama sekali. Mereka juga nggak nemuin yang namanya tanda-tanda jagad raya bakal berakhir pas hari itu, ya kamu taulah siapa yang bener.

Antara Kalender Suku Maya dan Kalender Bali

Kalau Mz jelasin tentang kalender Suku Maya takutnya kalian bakal nggak paham nih. Pokoknya ada 4 jenis, dan yang dipakek buat perhitungan kiamat itu yang keempat, Long Count yang umurnya 13 baktun (siklus). Karena nggak paham banget, Mz jelasin tentang Kalender Bali aja yak.

Kalender Saka Bali pastinya dibuat di Bali dan ngegabungin semua perhitungan tahun dari Tahun Surya, Tahun Candra dan Tahun Wuku. Ini juga mengacu sama kegunaan kalender bagi pemakainya, ya kayak nentuin hari baik (dewasa ayu) buat ngadain acara keagamaan contohnya tuh kayak odalan di Pura dan lainnya.

Kalender Bali
Ini nama-nama Bulan Bali matahari |Source: https://juragansejarah.blogspot.com

Nggak ditauin nih siapa yang nyiptain, tapi katanya sih ada tokoh-tokoh penting dibalik perkembangan dan peredarannya. Ada Bapak I Gusti Bagus Sugriwa (alm) dan Bapak I Ketut Bambang Gde Rawi (alm). Mereka nih dianggap perintis kalender yang udah diwarisin sampek sekarang.

Jadi dalam 1 Bulan Candra/Sasih bakal ada 30 hari kan, nah dipecah dua nih. 15 hari menjelang Purnama namanya penanggal atau suklapaksa, terus sisa 15 hari selanjutnya nih menjelang bulan baru alias Tilem dinamain panglong atau kresnakapsa. Kalau di Kalender Bali, buat tauin hari Purnama itu bakal ada titik merahnya. Buat Tilem makek warna item. Oh iya satu lagi bos, tahun baru bagi Kalender Saka Bali nih diperingatin sebagai Hari Raya Nyepi.

Kalender Bali
Kalau dilingkerin merah artinya ada hari raya |Source: https://cdn-radar.jawapos.com

Gitu dah pokoknya. Moga kalian rada ngerti yak, kalau mau lebih ngerti lagi searching aja sendiri hehe. Balik lagi nih, mz pengen tau pendapat kalian tentang kiamat menurut Kalender Suku Maya. Komen dibawah boleh juga, mz bakal pantengin dah. Pokoknya tetep ngelakuin hal baik dan jangan lupa berdoa buat keselamatan kita semua. Stay safe!

Comments

comments