Antara Emosi, Rakyat dan Senator Bali Arya Wedakarna

Pas Rabu kemaren, tanggal 28 Oktober 2020 Senator Bali Arya Wedakarna dipukul sama salah satu pendemo di Kantor DPD Bali guys. Kalau dari videonya keras banget tuh sampek beliau harus visum dan memilih untuk ngelaporin hal tersebut ke Polda Bali. Hmm kita nyimak dulu kali ya biar paham.

Arya Wedakarna
Pas sama Bapak Jokowi nih |Source: https://www.majalahgaharu.com/

Antara Emosi, Rakyat dan Anggota DPD Bali

Kejadiannya nih di Kantor DPD RI Provinsi Bali yang ada di Jalan Cok Agung Tresna, Sumerta Kelod, Denpasar. Diduga ada demo yang dilakuin sama warga Nusa Penida dan Ormas Sandhi Murti, mereka dateng ramai-ramai dan kayak kesel gitu lho. Bener-bener udah marah banget gitu.

Tau yang dicari itu dirinya, Senator Bali Arya Wedakarna mau ngajak mereka berdialog kan. Maksudnya tuh ngajak mereka masuk ke dalam gedung, terus dikasik tempat untuk ngobrolin masalahnya, Eh pas udah ditunggu 20 menit, para pendemo malah nggak masuk-masuk. Dicari keluar sama Arya Wedakarna, malah beliau kena kekerasan fisik hmmm.

Hubungannya Arya Wedakarna Sama Jawa Apaan Ya?

Pas lagi diluar nih, niatnya mau nyamperin pada pendemo langsung, tiba-tiba aja Arya Wedakarna kayak ditarik-tarik gitu lho. Polisi dan aparat keamanan udah berusaha nih ngelindungin beliau, mungkin saking marahnya ya, ada salah satu pendemo langsung mukul kepala beliau dan teriak ‘Jawa’. Sebenernya Mz juga nggak paham kenapa Senator Bali Arya Wedakarna diteriakin begitu.

arya wedakarna
Nah lho ikutan emosi kan jadinya |Source: https://www.balipost.com/

Katanya sih gara-gara Arya Wedakarna nih ngomong kalau yang berstana di Pura Dalem Ped Nusa Penida, Ida Bhatara Dalem itu bukan dewa. Padahal menurut warga Nusa Penida, Ida Bhataranya ini sesuhunan yang berstana lama banget. Jadi dianggap sangat suci.

AWK malah ngaku nggak tau kenapa dirinya sampek dapet kekerasan fisik dari pendemo kayak gitu. Beliau juga kecewa banget, kenapa sih harus pakek kekerasan? Nggak ada surat permohonan untuk demo, nggak ada daftar pertanyaan, dan langsung nyamperin beliau dan dipukul kayak gitu. Intinya AWK kecewa karena udah dapet kekerasan fisik kayak gitu dan nggak tau permasalahannya apaan.

Mungkin Ini Alasannya Kenapa Apapun Luar Bali Itu Udah Pasti Jawa

“Aaah aku tau Mz, mungkin kenapa diteriakin Jawa karena beliau bilang Ida Bhatara Dalem ring Nusa Penida bukan dewa.” Hmm sabi juga anda ya. Tapi kenapa harus diteriakin Jawa sih? Kenapa nggak Sumatra atau Kalimantan gitu? “Eh iya juga ya, kira-kira kenapa ya Mz?”

Kalian ngeh nggak sih, siapapun atau apapun yang asalnya dari luar Bali pasti dibilangnya Jawa? Entah mereka keluar negeri kayak Belanda atau Singapura, atau nggak sekedar singgah ke Sulawesi pasti orang-orang Bali bilangnya Jawa kan?

Ada nih Catatan Harian Sugi Lanus edisi 14 Oktober 2019 ngebahas tentang masalah tadi. Ngutip dari sana, Mz bakal jelasin secara singkat aja yak. Katanya nih, sebenernya bukan ‘Jawa’ tapi ‘Yawa’, ini tuh bahasa Jawa Kuno. ‘Yawa’ itu artinya luar guys, kebalik sama ‘Jero’ yang artinya dalam. Pasti kalian pernah denger kata Jero, kan?

Arya wedakarna
Ini nih si Kak Sugi Lanus guys, biar kalian tau |Source: https://tatkala.co/

Orang-orang Bali khususnya orang tua, mereka bukannya nggak tau ada pulau selain Pulau Jawa. Cuman artinya Luas ke Jawa (pergi ke luar), nak Jawa (orang luar). Jadi sebenernya ya bener kan, kalau artinya ‘Jawa’ itu luar dan kita bilang ‘luas ke Jawa’ itu artinya pergi ke luar?

Jadi Yawa/jawa/jaba itu sama artinya, luar. Bukan salah orang tuanya guys, tapi salah kitanya. Kita yang ngerasa paling tau dan ngerasa para orang tua ini nggak tau sama sekali tentang pulau-pulau di Indonesia dan lainnya.

arya wedakarna
Mz sebenernya ada di belakang guys, cuman ketutupan owkowk |Source: https://www.hipwee.com/

Ya gimana mau tau cobak, kebiasaan literasi kita emang masih kurang banget. Jangankan literasi Bahasa Kawi yang ada kaitannya sama penjelasan tadi, Bahasa Indonesia aja sama sekali nggak tersentuh sama kita. Hmm…

Buat masalah Arya Wedakarna tadi, menurut Mz sih luar biasa banget ya. “Kok gitu, Mz?” Hm gimana ya, Mz tau sih para warga udah kesel banget gitu ya, cuman masa sih harus pakek kekerasan fisik? Demo juga dilakuinnya nggak sembarangan, harus ijin dulu ke pihak-pihak yang terkait. Ya jaga-jaga buat menghindari yang tidak diinginkan, jadi aparat keamanan atau kepolisian bisa mantau dan ngendaliin kondisi demo biar nggak melewati batas.

Semoga ini bisa diomongin baik-baik ya, kan sesuatu yang dimulai dengan nggak baik pasti berarti nggak baik juga. Jangan sampek emosi apalagi marah nguasain kita sampek nyakitin orang lain. Apalagi jatuhnya udah secara fisik, diusahakan jangan sampek kayak gitu ya. Take care!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com