Alasan Kenapa Lockdown Bakal Berasa Biasa Aja di Bali

Denger-denger ada berita Jakarta mau lockdown lagi nih, bentar lagi diberlakuinnya. Tapi pernah mikir nggak sih kalau di Bali lockdown bakal kayak gimana? Yaudah langsung aja bahas semuanya dah, cuss!

Sepi banget yak |Source: https://katadata.co.id/

Jakarta Akan Lockdown Lagi

jakarta dan nyepi
Jakarta di bawah langit sore |Source: http://www.giamarescotti.com/

Ini yang lagi mantengin berita pasti langsung paham maksud Mz kalau lockdown bakal diberlakuin lagi di Jakarta. “Iya nih Mz, katanya sih selama akhir pekan ini dari tangal 12-15 Februari.” Ih kok tau? Pasti langsung dikasik tau emak yang abis baca broadcast-nya di grup arisannya ya? “Ehh…hmmm…”

Sayangnya itu hoaks guys, sama sekali tidak benar! Ya emang sih rencana buat lockdown di Jakarta itu emang ada, yang ngusulinnya pun dari wakil gubernur DKI Jakarta, Bapak Ahmad Riza Patria tapi sayangnya usulannya beliau ini nggak disetujui oleh para pengusaha. Mereka beranggapan rencana lockdown ini bukannya membantu malahan bikin situasi makin kacau, belum lagi kebijakan ini dianggap terlalu mendadak jadi kurang efektif.

Akhirnya, Bapak Anies Baswedan menyampaikan dengan tegas kalau lockdown ini nggak akan diterapkan. Ini juga bersamaan dengan pernyataan Bapak Joko Widodo yang ngerasa kalau PPKM atau PSBB Jawa-Bali itu nggak efektif sama sekali. Makanya lockdown yang satu ini nggak bakal diterapkan, tapi dengan catatan kita harus tetap melakukan protokol kesehatan setiap harinya.

jakarta dan nyepi
Kalau yang ini pas langitnya cerah |Source: https://www.pexels.com/

Kalau Diterapin di Bali Bakal Kayak Gimana Ya?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by INFOBALI (@bali_punya_cerita)

Kalau di Bali namanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), hampir sama kayak lockdown tapi ini masih dibolehin keluar (dengan catatan tujuan yang jelas dan menerapkan protokol kesehatan). PPKM-nya berakhir hari ini, kan awalnya dimulai dari tanggal 26 Januari sampai 8 Februari 2021. Besok tanggal 9 Februari bakal diterapkan PPKM Mikro, yang awalnya serba 25% bakal jadi 50%. “Eh apanya Mz?” Makanya cek info sebelah yak. Oh ya, buat mall yang awalnya harus tutup jam 7 terus berubah lagi jadi jam 8, sekarang tutup resminya jam 9 malam. Itu untuk sekarang yak, moga nggak ada perubahan lagi dah.

jakarta dan nyepi
Hmmm |Source: https://www.jawapos.com/

Kalau lockdown total diberlakuin di Bali kayaknya bakal biasa aja sih, soalnya kita udah pernah ngerasain juga kan. Ini termasuk tradisi yang harus dilakukan setiap tahunnya, ya apalagi kalau bukan Nyepi.

Lockdown Khas-nya Bali

jakarta dan nyepi
Mentang-mentang sepi jangan nekat pergi ke jalan yak |Source: https://www.pegipegi.com/

Kalau pas Nyepi sama sekali nggak boleh keluar rumah guys, sama sekali! Kita harus 24 jam di rumah aja dan harus berusaha sebisa mungkin untuk hidup tanpa lampu, keributan bahkan bekerja. Nyepi alias sepi atau senyap, bisa dibilang artinya sebagai peringatan kalau kita harus beristirahat sejenak dari aktivitas yang udah kita lakuin selama ini. Tujuan dari Nyepi ini juga untuk menyucikan bhuana agung (alam semesta) dan bhuana alit (manusia).

lockdown bali
Kalau ini ada di dunia nyata, Mz auto die inside sih |Source: https://merahputih.com/

Nyepi ini dilakuin nggak semata-mata cuman pas hari H-nya aja, tapi ada rentetan acara yang harus dilaksanakan sebelum dan sesudah Nyepi. Dua atau tiga hari sebelumnya harus dilakuin melis atau melasti, nih kalau kalian pernah ngeliat orang rame-rame dateng ke pantai atau danau sambil bawa sarana persembahyangan yang ada di pura, udah pasti mereka lagi melaksanakan melis. Kegiatan ini bertujuan untuk menyucikan yang sifatnya kotor di dalam diri manusia maupun alam semesta.

Terus ini bakal dilanjutin ke acara h-1 Nyepi yaitu tawur agung alias pecaruan. Kalau yang ini bertujuan biar bhuta kala alias roh-roh jahat nggak mengganggu selama kita ngelaksanain hari raya Nyepi. Ini juga dibarengi dengan kegiatan pengerupukan yang ditunggu-tunggu banyak orang, pawai ogoh-ogoh yang biasanya diadain dari sore sampek malam. Heboh banget dah, Mz aja suka hehe.

lockdown bali
Analogi nyepi dari tahun lalu |Source: https://www.balipost.com/

Nah, pas hari H kita harus ngelaksanain Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata Penyepian (Empat larangan atau pantangan yang wajib dilakukan Umat Hindu). Yang termasuk dalam Catur Brata: amati geni (tidak menghidupkan api kayak lampu, dsb), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian) serta amati lelanguan (tidak melakukan kesenangan kayak pesta, dll). Makanya pas hari raya Nyepi dijadiin hari libur nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

Yaudah sekian dari Mz, moga kalian paham dan terhindar dari hoaks dah. Mz pamit, ciao!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com