Ada Beberapa Kabupaten yang Menyusul PPKM Badung dan Denpasar, Salah Satunya Tabanan

Pak Wayan Koster baru aja ngumumin ada tambahan beberapa kabupaten yang bakal nerapin PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), ya nggak baru-baru banget sih, udah beberapa hari lalu. Kemarin kan taunya cuman Badung sama Denpasar aja, nah abis ini nyimak lagi yak biar tau info lanjutannya. Cekidot…

beberapa kabupaten
Keren ya |Source: https://kachinnews.com/

Mulai Diberlakukan dari Tanggal 11 Januari-25 Januari 2021

beberapa kabupaten
#dirumahaja mode on |Source: https://swa.co.id/

Seperti yang kita tau PSBB-nya diberlakukan dari tanggal 11 Januari, iya hari ini. Abis itu bakal berlanjut selama 14 hari kedepan alias sampek tanggal 25 Januari 2021. Alasan kenapa di pertengahan bulan ini diberlakukannya karena abis liburan natal dan tahun baru, jadi masyarakat disuruh diem dirumah selama 14 hari biar nggak kena atau menularkan virus Covid-19.

Menurut Kompas.com sebenernya yang bikin Bali harus PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tuh gara-gara tingkat kematiannya yang udah di atas rata-rata tingkat kematian nasional. Ini juga disusul sama tingkat kesembuhan di bawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional dan tingkat kasus aktif di atas rata-rata tingkat kasus aktif nasional. Nggak cuman sampek sana aja, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (bed ocupation room/BOR) untuk ICU dan ruang isolasi di atas 70 persen. Jadi udah parah banget gitu lho keadaannya.

beberapa kabupaten
Ya Bali salah satunya |Source: https://indobalinews.pikiran-rakyat.com/

PSBB Jawa-Bali ini nggak mencakup Bali aja, ini berimbas ke Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Buat peraturannya juga sama, ya kayak harus 75% WFH (Work form Home), pusat perbelanjaan yang harus tutup di pukul 19.00, moda transportasi diatur dan sampek dihentikannya sementara kegiatan sosial. Kalau dibandingin sama PKM yang pernah dilakukan di Bali pas Mei 2020, PPKM kali ini bakal lebih ketat.

Ada Tambahan Beberapa Kabupaten yang Menerapkan PPKM

Melanjutkan arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Gubernur Pak Wayan Koster mengeluarkan Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali pada Rabu 6 Januari 2021.

beberapa kabupaten
Jalanan jadi makin sepi dah |Source: https://indobalinews.pikiran-rakyat.com/

Surat edarannya ini udah berlaku dari tanggal 9 Januari katanya, kalau misalnya ada informasi selanjutnya pasti disampein lagi sama Pak Wayan Koster. Beliau berharap besar kalau semua pihak mau ngikutin peraturannya dengan disiplin dan patuh, sampek-sampek beliau minta bantuan ke Panglima Kodam IX/Udayana dan Kepala Kepolisian Daerah Bali biar arahannya ini diikuti dengan baik.

Oh ya, menyusul Denpasar dan Badung, ada tiga tambahan kabupaten yang bakal nerapin PPKM yaitu Gianyar, Tabanan dan Klungkung. Iya, daerah Sarbagita emang kena. Sengaja yang dipilih daerah-daerah tadi soalnya emang banyak ada tempat wisatanya kan.

Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan gercep ngeluarin Surat Edaran Nomor 517/120/BPBD ditujukan ke camat se-Kabupaten Tabanan, perbekel, bendesa adat, sampek ke pengelola gedung atau tempat olahraga. Terus rencananya fasilitas umum yang ada di Tabanan bakal ditutup sementara, pokoknya lebih ketat dah dari PKM sebelumnya.

beberapa kabupaten

Nah ini yang termasuk Sarbagita |Source: https://sifataru.atrbpn.go.id/Waduh udah panjang lebar yak Mz jelasin, moga kalian paham dah ya. Inget buat ngikutin peraturannya sama jaga kesehatan. Diem di rumah kalau emang nggak penting-penting banget. Pokoknya be safe!

Comments

comments