6 Pantai Terbaik di Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

pantai terbaik di lombok

Lombok merupakan destinasi selanjutnya yang biasanya dipilih wisatawan sebagai tempat liburan karena keindahan wisata baharinya dan lokasinya yang nggak jauh dari Bali. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Nusantara. Dengan keunggulan panorama alamnya yang indah, pulau ini dianggap sebagai Bali berikutnya. Ingin pergi ke Lombok? pesan tiket ke Lombok via Traveloka, sekarang!

Lombok selain dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, juga dikenal sebagai Pulau Seribu Pantai. Pulau kecil ini seolah menjadi surga bagi pecinta pantai. Hampir semua kabupaten di Pulau Lombok memiliki pantai yang menjadi destinasi populer. Namun, Kabupaten Lombok Tengah merupakan wilayah yang paling banyak memiliki destinasi pantai dengan pasir “lada” putih bersih.

Sebagian besar pantai di Lombok dikenal sebagai pantai perawan yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Selain Pantai Senggigi, masih banyak lagi pantai indah di Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan.

Berikut adalah daftar 6 pantai terbaik di Lombok yang wajib kamu kunjungi.

1. Gili Trawangan

Siapa yang nggak tahu Gili Trawangan? Pantai ini ada di sebuah pulau kecil di bagian barat Lombok. Terletak di Pulau Gili Trawangan yang menjadi tujuan favorit wisatawan asing maupun domestik. Pantainya yang indah dan suasananya yang bersih membuat pulau ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

photo via kompas.com

Ada berbagai macam aktivitas yang populer di Pantai Trawangan, seperti scuba diving, snorkeling, berlayar dengan glass bottom boat, berkeliling dengan “cidomo” dan masih banyak lagi. Salah satu hal unik saat berada di Gili Trawangan adalah dilarangnya penggunaan kendaraan bermotor. Hal tersebut dilakukan supaya kealamian ekosistem laut tetap terjaga, sekaligus mencegah polusi.

Gili Trawangan juga merupakan lokasi yang paling sempurna jika kamu ingin menyaksikan fenomena alam matahari terbit dan terbenam.

2. Pantai Senggigi

Lokasi pantai populer lainnya yang ada di Lombok adalah Pantai Senggigi yang punya pemandangan indah gradasi pasir hitam putih. Pemandangan matahari terbenam di sini juga luar biasa. Pantai ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan banyak aktivitas air. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di sini seperti berenang, snorkeling, berselancar, kano, kayak, dan memancing. Pantai ini memang sangat cocok jika kamu ingin pergi untuk liburan keluarga.

Photo via instagram.com/yoga.dwisgnd

Ada dua lokasi budaya yang nggak boleh kamu lewatkan saat berada di pantai ini, yaitu Batu Bolong, sebuah pura di atas batu. Kemudian ada Batu Layar yang menjadi tempat dimakamkannya salah satu pemuka agama.

Loading...

3. Pantai Pink

Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai Pink atau yang awalnya dikenal dengan Pantai Tangsi memang memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Lombok. Ini adalah warna pasir yang merah muda. Warna pinknya merupakan campuran dari pasir putih dan serpihan karang yang berwarna kemerahan.

Photo via duniakitanews.com

Bukan hanya pasirnya yang berwarna merah muda yang membuat pantai ini begitu menarik, namun juga tebing-tebing tinggi yang menjulang di dekat area pantai menambah indahnya pemandangan pantai. Aliran air di sini juga relatif tenang sehingga aman untuk anak-anak bermain-main.

4. Pantai Kuta

Pantai Kuta nggak cuma ada di Bali. Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan yang hampir mirip dengan merica. Meski memiliki nama yang sama, Pantai Kuta di Bali dan Pantai Kuta di Lombok memiliki suasana yang sangat berbeda dimana Pantai Kuta Lombok nggak begitu turis, masih bersih dan sepi.

Photo via gotripina.com

Adanya sebuah bukit jadi ciri khas tersendiri Pantai Kuta di Lombok ini. Bukit tersebut adalah Bukit Mandalika, tempat di mana kamu bisa melihat betapa indahnya Pantai Kuta. Di Pantai Kuta, kamu bisa melakukan diving untuk menikmati pemandangan bawah laut, snorkeling sekaligus belajar surfing.

5. Pantai Tanjung Aan

Jika kamu ingin bersantai sambil menikmati pantai tersembunyi. Pantai Tanjung Aan adalah jawabannya. Pantai ini terletak di Bukit Marese, Lombok Tengah. Pantai Tanjung Aan menawarkan pemandangan alam yang bisa mengejutkanmu. Komposisi antara perbukitan yang hijau, laut yang biru serta langit yang mendung benar-benar terlihat sempurna.

Photo via webicdn.com

Pantai Tanjung Aan hanya berjarak 5 km dari Pantai Kuta Lombok. Pantai ini memiliki garis pantai yang lebih panjang dari pantai lainnya di Lombok. Tekstur pasir di pantai ini juga unik karena memiliki dua jenis pasir yang berbeda, pasir seperti merica di sisi kiri pantai dan pasir putih halus di sisi kanan pantai.

6. Pantai Selong Belanak

Photo via pegipegi.com

Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Secara tak langsung, garis pantai dari Pantai Selong Belanak ini mirip dengan bulan sabit. Bisa dibilang pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan menjadikannya masih alami. Selong Belanak juga punya sunset yang luar biasa indah, apalagi memandangnya sambil menikmati sajian seafood yang ada di sekitar pantai.

Itulah 6 Pantai Terbaik di Lombok yang bisa kamu kunjungi untuk liburan tak terlupakan. Tunggu apalagi? Kalau udah puas berlibur di Bali dan hendak mencari suasana yang berbeda di Lombok, segera pesan tiket ke Lombok via Traveloka sekarang juga!

Comments

comments

Agus Hendra Putra Yasa
Gosen. Boleh pake 's' boleh juga pake 'z'. Berpikir layaknya bernafas, setiap saat. Main twitter sama instagram di @gosendra kalo lagi pengen. Jarang main facebook tapi kalo mau berteman cari aja Agus Hendra Putra Yasa.