5 Hewan Endemik Khas Bali

Sebelum Mz bahas, kalian sudah tahu artinya hewan endemik? Hewan endemik artinya hewan yang cuman bisa ditemuin di suatu daerah, jadi hewan paling khas disana gitu. Di Bali sendiri ada beberapa yang bisa kalian temui, untuk jam berkunjungnya mengikuti jam operasional tempatnya sendiri. Kepoin dah, yuk!

Penyu, Hewan Eksotis yang Bisa Hidup Puluhan Tahun

hewan endemik
Waah gede banget ya |Source: https://www.gotravelaindonesia.com/

Semua pasti tahu kalau penyu adalah satwa khas Bali yang sangat dilindungi. Di Bali sendiri, ada dua tempat penangkaran untuk memastikan penyu-penyu ini tumbuh dengan baik dan anak-anaknya yang menetas nggak diserang sama predator yakni Pulau Serangan dan Pulau Penyu Tanjung Benoa. Bisa tuh kalian datangi salah satunya atau keduanya.

Jangan salah, penyu itu termasuk satwa yang usia hidupnya bisa lama banget, ada yang sampai puluhan hingga ratusan tahun. Cuman karena banyaknya yang nangkap dan ngebunuh untuk berbagai kepentingan, penyu sekarang masuk ke satwa yang harus dilindungi dari kepunahan.

Nanti anak-anaknya bakal dilepasin di pinggir pantai |Source: https://travelerindonesiablog.wordpress.com/

Hewan Endemik Bali yang Pasti Semua Tahu, Jalak Bali

hewan endemik
Yang kiri si betina dan yang kanan si jantan |Source: https://www.greeners.co/

Ini apalagi, burung Jalak Bali yang sudah dinobatkan sebagai identitas Pulau Bali pada tahun 1991. Karena saking dilindunginya, kalian hanya bisa menjumpainya di tempat penangkaran kayak Taman Nasional Bali Barat dan Pusat Penangkaran dan Pelepasliaran (PPP) Bhegawan Giri di Gianyar. Kalau dilihat-lihat, Jalak Bali ini emang cantik. Punya bulu putih bersih, warna biru di bagian mata, hitam di bagian sayap dan ekor sampai paruhnya yang ada perpaduan warna kuning dan cokelat kegelapan. Untuk bisa ngebedain yang mana betina dan jantan, lihat saja di kepalanya, kalau ada jambulnya berarti Jalak Bali jantan.

Pas terbang nih |Source: https://www.mongabay.co.id/

Menjangan yang Bisa Dijumpai di Taman Nasional Bali Barat

hewan endemik
Keren juga nih gayanya |Source: https://snorkelingmenjanganisland.business.site/

Satwa ini bisa kalian temui di Pulau Menjangan, daerah yang masih satu bagian dengan Taman Nasional Bali Barat. Katanya dalam Bahasa Jawa, Menjangan itu artinya rusa, makanya punya tanduk yang terus tumbuh memanjang untuk jantannya. Selain ketemu sama mereka, kalian juga bisa snorkeling di Pulau Menjangan. Airnya yang jernih kebiruan ditambah sama pasirnya yang putih dijamin bakal bikin hati adem pas ngelihatnya.

Tetap hati-hati ya |Source: https://www.kibrispdr.org/

Rusa Timor, Saudara Sebangsa dengan Menjangan

hewan endemik
Kakinya kelihatan kuat dah |Source: https://www.flickr.com/

Kalau Rusa Timor bisa ditemui di berbagai daerah seperti Jawa, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku hingga Bali. Sama kayak menjangan, mereka yang jantan juga punya tanduk. Rusa Timor punya daya adaptasi yang sangat tinggi terhadap lingkungannya. Sebagian besar waktunya, mereka habiskan untuk minum, makan dan memamahbiak. Abis itu, bakal keliling untuk jalan-jalan singkat.

Nyantai dulu brooo |Source: https://www.greeners.co/

Jelarang Hitam yang Juga Hewan Endemik Bali

hewan endemik
Kayak tupai ‘kan, cuman ukurannya lebih besar saja |Source: https://rachmadwidodosemarang.blogspot.com/

Dari awal sampai terakhir, semua termasuk satwa langka dan sangat dilindungi guys. Selain di Bali, Jelarang atau bajing pohon ini bisa kalian temui di Sumatera, Jawa dan Belitung. Sekilas kayak tupai, tapi ukurannya sedikit lebih besar dengan warna dominan hitam dan kuning gelap. Penampilannya yang paling mencolok itu dari ekornya yang panjang, kalau dihitung-hitung dari kepala sampai ekor, panjangnya bisa mencapai 120 cm.

Semoga saja jumlah mereka nggak semakin menurun ya, tapi malah meningkat. Sayang saja gitu, kita sudah dikasi satwa yang cantik-cantik, eh malah diburu dan dibunuh untuk kepentingan pribadi. Dah ya, ciao!

Comments

comments