4 Pantangan Saat Nyepi, Nggak Boleh Ngapain Saja ya?

Nggak hanya sekedar hari raya, saat Nyepi ada lho pantangan yang harus kamu lakukan. Nggak cuman satu, tapi empat! “Emangnya nggak boleh ngapain saja sih?” Nih, Mz kasik tau abis ini.

Sang penguasa jalanan saat Nyepi |Source: https://www.balirealtyhv.com/

Amati Geni

Dah ketebak nih |Source: https://bobo.grid.id/

Empat pantangan saat rahina Nyepi ini dinamakan Catur Brata Penyepian. Berada di urutan yang pertama, kalian pasti sudah mengetahui pantangan yang satu ini. Nggak boleh hidupin api (kompor dan lainnya), lampu bahkan barang-barang elektronik. “Lah kenapa nggak boleh ngehidupin barang-barang elektronik?” ‘Kan itu ngeluarin cahaya, makanya nggak boleh. Yang ada hubungannya dengan api dan listrik, pokoknya nggak boleh!

Amati Karya

Memang another level |Source: https://www.liputan6.com/

Buat kaum rebahan, kaum yang suka mageran, hari inilah hari kebebasan kalian. Saat Nyepi, kalian nggak diperbolehkan untuk bekerja. Yang seharusnya kalian lakukan adalah berpuasa (kalau bisa seharian penuh), sembahyang dan merenungi yang sudah dilakukan di masa lalu. Baik buruknya diambil hikmahnya, berharap kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca juga:  Antara Kalender Suku Maya dan Kalender Bali

Amati Lelungan

Kalau punyanya ayam, yaudah cerita saja sama ayam |Source: https://www.liputan6.com/

Nggak boleh keluar rumah! Ya, ngapain juga keluar rumah. Toko dan mall ditutup, apa coba yang mau dicari? Stay di rumah, melakukan kegiataan keagamaan dan ngabisin waktu dengan orang rumah jadi kegiatan yang bisa dilakukan. Selama ini ‘kan sibuk gitu di luar rumah, entah kerja, sekolah dan kuliah, sekarang nih waktunya mendekatkan diri dengan keluarga. Mendekatkan diri dengan Tuhan juga dong, soalnya ‘kan sembahyang terus ditambah berpuasa juga.

Amati Lelanguan

Auto ditangkap pecalang |Source: https://dunia.tempo.co/

Nah, yang suka party dan live music nih pantangan yang satu ini kayaknya agak berat buat kalian. Sepanjang hari raya Nyepi, nggak boleh tuh kalian party, keluar rumah saja nggak boleh apalagi party ya ‘kan. Pokoknya diem di rumah, anteng dan menikmati keheningan di hiruk pikuk kota yang sibuk ini.

Baca juga:  Wanagiri Hidden Hill: Hijau dan Berayun

Sebenarnya kalau ditelaah lebih jauh, Nyepi ini menjadi peringatan untuk diri kita yang sibuk ini. Entah beneran sibuk atau sibuk nggak ngapain-ngapain, eh. Keinginan duniawi dengan mencari kesenangan ini ‘kan nggak boleh terus-terusan, apapun yang berlebihan ‘kan nggak baik. Ngobrol dengan orang rumah yang jarang ketemu jadi kesempatan untuk merekat hubungan kalian lagi. Nggak keluar rumah dan nggak bekerja menjadi pengingat kalau kita harus beristirahat sejenak, bagaimanapun juga kita tetap manusia biasa yang membutuhkan ketenangan dan kedamaian.

Comments

comments

Hinda Nova
Thanks for being here. Keep doing awesome and see you again!