Yuk Kenalan: Che Guevara

0
250
views
Che-Guevara
Ilustrasi tokoh Source : www.socialistpartyaustralia.org

Che Guevara atau yang biasa disapa “Che” atau “El Che” adalah salah satu orang yang secara tidak disadari sering jadi gambar di baju-baju. Namun, dari setiap yang memakai baju bergambar El Che, sedikit dari mereka yang mengetahui siapa sosok si Che tersebut. Nah! Biar ga cuman tau-nya gara-gara sering ngeliat di baju, yuk kita kenali dulu siapa doi.

El Che adalah seorang pejuang Kuba (aslinyah dari Argentina) dimana jasanya bagi negara Kuba adalah menghentikan penindasan pada rakyat Kuba yang kala itu Kuba masih dipimpin oleh Fulgencio Batista. Biar kepala kamu engga pusing, intinya si Che kerjasama dengan Castro bersaudara (Fidel dan Raul), terus menang, terus si Fidel Castro naik jadi presiden Kuba, sedangkan si Che dinaikkan menjadi gubernur bank sentral dan menteri perindustrian (tahun 1959). Tidak lama kemudian, 1965, Che meninggalkan kekuasannya dan meninggalkan Kuba, dan berjuang untuk menyelesaikan konflik di Kongo, namun sialnya dia gagal. Tahun berikutnya, 1966, Che kembali melakukan gerakan revolusi di Bolivia, dan disinilah akhir perjuangan El Che, dimana pada tahun 1967, dia ditangkap dan dieksekusi mati.

Dalam perjalanan hidupnya, Che banyak dikagumi orang karena perjuangan revolusinya dan selama hidupnya Che telah mengajarkan orang-orang Kuba untuk membaca kurang lebih sebanyak 900.000(!) orang, dimana Che sama dengan mengajarkan 37%(!) penduduk Kuba untuk membaca pada masa itu. Widih! Selain itu, Che juga termasuk ke dalam 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20 versi majalah TIME, hmm.

Yak! Segitu aja dah dulu ya ulasan tentang Che Guevara-nya. Masbrooo mau mandi dulu.

Comments

comments

LEAVE A REPLY