Yang mana duluan? Ayam atau telur?

0
349
views

‘ tebak-tebakan yuk? mana duluan, ayam atau telur?’

    Pertanyaan klasik tapi masih jadi misteri kan? nah kali ini, saya selaku Professor akan menjawab dan menyajikan hidangan ayam goreng penjelasannya.

     Jadi gini, logikanya si bapak sama ibu ayam mesti nganu dulu gan biar ada telor. Tapi si bapak dan ibu ayam sendiri datengnya dari telor juga kan? Makanya pertanyaan ini ngga cuma tebak-tebakan, bahkan jadi pertanyaan filsafat juga. Tapi tenang, saya sekali lagi selaku Professor mahasiswa disini akan bahas jawabannya secara sains!

 

1. Ternyata Ayam Duluan!Para peneliti di Sheffield and Warwick University di Inggris, secara ngga sengaja nemuin jawaban ini! Gimana caranya? Jadi, para peneliti ini nemuin, bahwa telur itu ternyata punya sebuah protein, yang asalnya cuma bisa datang dari sebuah rahim ayam! Jadi kalo rahim ayam ngga ada, si telur ini ngga bakal sempurna jadi telur! Makanya mereka bilang harus ada ayam duluan, baru deh telor bisa tercipta.

 

 

 

2. Terjawab Sudah Akhirnya! Eitt, Tapi Tunggu Dulu!

Tapi ternyata kalo merujuk pada teori evolusi, justru jawabannya kebalikannya. Kayak yang dibilang sama om Neil deGrasse Tyson ini yang jadi host acara keren banget yang namanya cosmos.

Jadi pendeknya, telur duluan yang ada, baru ayam pertama di dunia ini lahir dari telur tersebut. Gimana caranya!?

 

3. Evolusi Jutaan Tahun!

Nah jadi gini, jaman dulu itu belom ada yang namanya Ayam Kampus. Baru ada nenek moyang ayam aja, yang pendeknya sih secara ilmiah belum bisa didefinisikan sebagai Ayam.

Nah si nenek moyang ayam ini beranak pinak terus, selama jutaan tahun! Artinya buyut dari buyut dari buyut dari buyutnya buyut dan buyut beranak terus. Nah evolusi itu terjadi karena anak dari nenek moyang ayam ini, kan pastinya ngga bisa sama persis kaya orang tuanya. Kaya kita kan mirip sama orang tua kita, tapi ngga sama persis (pasti anak tetangga kalo beda banget). Pasti ada aja yang beda, entah jidatnya, jambul, ‘rambut’ apa idungnya.

Nah jadi ini terjadi selama jutaan tahun! Bayangin setahun aja udah lama ini jutaan tahun!

Nah terus akhirnya setelah evolusi jutaan tahun, sampailah suatu saat sebuah telor yang kode genetik-nya secara ilmiah bisa diklasifikasikan sebagai Ayam terlahir! Nah baru deh dari si “telur ayam” pertama itu, si Ayam pertama akhirnya lahir ke dunia ini!

 

 

4. Jadi Yang Mana Duluan!? Aku Kok Tambah Bingung!?

Ngga cuma kalian yang bingung, saya sebagai yang bikin ini trit juga bingung. Tapi sejujurnya begitulah sains! Kayak yang dibilang om Einstein dibawah ini! Jawaban harus terus dicari gan, meskipun jawabannya itu ngga konklusif!

 

 

Begitulah Ilmu Pengetahuan!

Jadi ternyata pertanyaan ini jauh lebih rumit daripada yang kita bayangkan. Jawaban-jawaban secara sains pun menawarkan temuan-temuan dari berbagai perspektif yang valid! Jadi cari tahu terus jawabannya, terus berdebat dan mohon maaf kalo ada kesalahan ya fellas!

Eittt.. Masih bingung aja? Nih tonton dulu videonya, kali bisa lebih bikin pikiran jernih!

 

Sumber

 

 

Comments

comments

Previous articleAlbum Baru Rollfast!
Next articleAksi Komunitas 1000 Guru
Pemuda yang sedang menuntut ilmu ekonomi di salah satu kampus swasta di dekat Eka Print. Sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, dan Instagram. Ingin kenal lebih dekat? Datengin langsung ke rumahnya, dijamin disambut dengan baik oleh.. Pitbullnya.
SHARE

LEAVE A REPLY