Unik Sekaligus Ngeri Tradisi Ngaben Di Banjar Buruan Tampak Siring

522
views
tampak siring

Indonesia memiliki berbagai tata cara pemakaman mayat yang unik-unik banget. Mulai dari yang ngeri hingga sangat ngeri banget buat disaksikan secara langsung. Bali salah satunya yang termasuk dalam daftar tradisi pemakaman unik di Indonesia masih menyimpan satu tradisi pemakaman yang tergolong unik sekaligus ngeri.

Trunyan boleh punya pohon Taru Menyannya yang bikin mayat disekitar jadi ga bau busuk, tapi Banjar Buruan Desa Tampak Siring, Gianyar ga mau kalah uniknya nih. Mereka punya tradisi Mesbes Bangke alias mencabik-cabik mayat yang sampai sekarang masih tetap lestari.

Mesbes Bangke Banjar Buruan, Tampak Siring dilakukan dalam kondisi kesurupan

tampak siring
Seru tapi ngeri juga | Sumber gambar: Mantawan dari baliindonesiabudaya

Berdasarkan marimembaca tradisi ini dilakukan saat ada salah seorang warga meninggal, ketika mayat dibawa keluar dari rumah duka, maka sang mayat akan dikerumuni oleh masyarakat yang hadir melayat lalu setiap bagian tubuhnya dicabik-cabik dengan gigi dan tangan mereka.

Mengerikannya warga yang ikut mencabik mayat tersebut dalam kondisi kesurupan, namun sebagian mengaku masih melakukannya dalam keadaan sadar. Tradisi ini udah berlangsung sangat lama dan ga ada yang tahu siapa yang memulai memperkenalkan tradisi gila ini.

Jaman sudah berubah tak sama dengan jaman dahulu

Jaman dulu tradisi ini dilakukan karena pada saat itu tidak ada formalin untuk mengawetkan mayat, sehingga terjadi bau busuk, karena biasanya mayat pada daerah ini dibiarkan dulu berhari-hari sambil menunggu kedatangan warga dan keluarga yang lain.

Bener juga sih kalo jaman dulu caranya seperti ini. Tapi apakah masih lazim dilakukan di jaman now? Ga separah jaman dulu kok, karena pihak desa menyarankan untuk memperbaiki tradisi ini dengan menutupi mayat dengan kain putih agar pemandangan pencabikan mayat ga terlihat secara langsung.

Ngeri juga ya tradisi ini, tetapi warga Banjar Buruan, Tampak Siring, Gianyar tetap melestarikan tradisi ini hingga sekarang. Buat yang mau ikutan tradisi ini, pastikan kamu adalah warga banjar asli dan kalo ketahuan orang asing, kamu bakalan dihabisi warga.

Tradisi ini diyakini amat sakral dan bukan sekedar ngamuk kerasukan sambil mencabik mayat aja, tetapi pasti terdapat makna dibalik tradisi ini. Semoga Bali tetap ajeg dengan segudang tradisi uniknya yang bikin geger mata dunia.

Comments

comments