Umat Hindu Milenial Wajib Tau, Ternyata Gini Tujuan Upacara Melasti

818
views
upacara melasti

Anak jaman sekarang udah pasti kelakukan dan gaya hidupnya beda banget 100% dengan orang jaman dulu. Maklum di jaman Milenial yang serba instan ini, generasi milenial kebanyakan kurang paham soal berbagai tradisi yang diwariskan sama nenek moyang mereka secara turun-temurun.

Nah, salah satunya tradisi Upacara Melasti yang merupakan salah satu rangkaian tiap tahun diadakan oleh umat Hindu se-Bali sebelum menyambut Hari Raya Nyepi. Ga cuman kamu ke pantai lengkap berpakaian adat Bali, terus ikut sembahyang, tetapi tujuan dan pemaknaannya kamu belum tahu.

Tenang pokoknya wahai generasi Milenial, kali ini Mz mencoba sharing apa sih tujuan dari Melasti itu berdasarkan Input Bali, biar semakin menambah wawasan kamu soal kebudayaan Bali. Melasti adalah meningkatkan Sraddha dan Bhakti pada para Dewata manifestasi Tuhan Yang Mahaesa untuk menghanyutkan penderitaan masyarakat, dan mencegah kerusakan alam. Berikut 5 tujuan Melasti bagi umat Hindu di Bali.

Melasti bertujuan untuk memuja Tuhan dan segala manifestasinya

upacara melasti
Melasti itu biar kamu jadi lebih baik | Sumber gambar: bisniswisata

Mengikuti segala tuntunan Tuhan Yang maha Esa dalam Melasti disebut Ngiring Prewatek Dewata. Tujuannya agar manusia selalu dalam naungan yang baik,serta mendapatkan kekuatan suci dalam mengelola kehidupan ini.

Baca juga:  Pasien Baru Bakalan Kaget Ngelihat Promo Gila Olivia Skin Care

Upacara Melasti juga dapat menghayutkan penderitaan masyarakat

upacara melasti
Katanya biar penderitaanmu hilang | Sumber gambar: javaexplorers

Saat melaksanakan Melasti ini katanya dapat menghayutkan semua penderitaan yang selama ini dirasakan masyarakat. Namanya juga proses penyucian, jadi segala bentuk penyakit-penyakit sosial yang selama ini ada, bakalan lebur saat kamu Melasti. Proses ini disebut dengan Anganyutaken Laraning Jagat.

Menghilangkan dari lima perbuatan busuk manusia

upacara melasti
Jadi ga tolol lagi | Sumber gambar: tabloidjubi

Kenapa perbuatan busuk? Karena emang manusia juga memiliki sisi negatif dan sisi negatif itu terbagi menjadi 5, yaitu Awidya : Kegelapan atau mabuk, Asmita : Egois, mementingkan diri sendiri, Raga : pengumbaran hawa nafsu, Dwesa : sifat pemarah dan pendendam, Adhiniwesa : rasa takut tanpa sebab, terutama takut mati.

Melasti bikin kamu inget akan kelestarian lingkungan

upacara melasti
Hormati dan lestarikan alam sekitarmu | Sumber gambar: javaexplorers

Dalam konteks ini dinamanakan Letuhing Bhuwana, di mana artinya sebuah alam yang kotor. Makanya tujuan Melasti juga untuk mengembalikan kelestarian alam lingkungan atau dengan kata lain menghilangkan sifat-sifat manusia yang merusak alam lingkungan.

Baca juga:  Menggila! Bali United U-17 Berhasil Lolos Ke Final

Mengabil sari-sari kehidupan dari laut itu sendiri

upacara melasti
Kalo yang ini harus konsul sama yang udah expert | Sumber gambar: krjogja

Melasti mengandung muatan nilai-nilai kehidupan yang sangat universal dan memberikan tuntunan dalam wujud ritual sakral untuk membangun kehidupan spiritual yang digunakan untuk mengelola hidup yang seimbang dan damai.

Gimana masih kurang? Namanya juga sharing, jadi Mz bisanya ngasih itu aja nih dan buat kamu generasi Milenial udah saatnya terus melestarikan tradisi leluhur kamu, karena kalo bukan kamu siapa lagi, jadi jangan pernah lupa darimana kamu berasal.

Comments

comments