TRETES

0
308
views

Salah satu tujuan wisata anti mainstream lagi nih, Tretes! Lokasinya di lereng Gunung Welirang di Pegunungan Prigen, Jawa Timur. Kadang-kadang
Masbrooo suka excited kalo melali ke tempat baru yang tanpa disadari ternyata tempatnya jauh lebih oke dari foto di Google. Dan Tretes ini salah
satunya.

tretes1

Sebenarnya ini lanjutan dari edisi kemaren, perjalanan Masbrooo maen ke Surabaya. Dari Surabaya, tentunya masih pinjem mobil temen. Jadi biaya transport, GRATIS. Ambil jalan ke arah Malang, terus masuk ke tujuan Tretes. Dan goal di wilayah ini adalah, Air Terjun Kakek Bodo. Menurut Google, katanya di seperjalanan ke Tretes ada 3 air terjun lain lagi, yaitu Air Terjun Alap-alap, Air Terjun Putuk Truno, dan Air Terjun Sengguruh. Nah, karena kaki Masbrooo cuma 2, dan tenaga juga apa adanya, 1 air terjun udah cukup bikin tidur malem ini lebih nyenyak. Ayo deh kita lesgooo!

Pertanyaan pertama, kenapa Kakek Bodo? Asal katanya adalah kakek yang bodoh. Serius, Brooo? Yah, nih, biar ngga “no pic = hoax”!

Oke, back lagi. Untuk menuju air terjun ini ada 3 pintu. Saran Masbrooo sih, masuk lewat pintu I atau II aja, soalnya ngelewatin bumi perkemahan dan hutan pinus. Yakin, ngga bakal nyesel deh! Kalo Masbrooo pilih pintu masuk, dan buat masuknya kena biaya sebesar 12.500 Rupiah.

Masuk area menuju air terjun, view pohon tinggi dan hutan pinusnya dapet banget. Sepanjang perjalanan juga bersih banget, belum lagi dilengkapi dengan udara dingin khas pegunungan. Bikin kamu pengen pelukan sama pacar temen! Biasanya kalo dingin pengen pipis, Brooo! Tenang, di sepanjang jalan banyak ada toilet yang bersih kok. Ngga perlu pipis sembarangan. Terus biasanya bawaannya jadi laper, Brooo! Tenang lagi. Karena di beberapa spot juga terdapat warung makanan dan minuman. Harganya juga relatif murah kok. Contoh, Masbrooo beli semangkuk bakso, cuma 7000 Rupiah. Sohiban sama dompet kan?

Setelah berjalan-jalan kira-kira sejam (udah include nongkrong, pipis, makan, foto-foto, dan lain-lain), akhirnya tiba juga.. Inilah diaaaaaa, Air Terjun Kakek Bodoooo!

Airnya bening banget, sebening Dian Sastro. Batu-batu dasarnya aja sampe keliatan, Brooo! Jelas banget malah. Udaranya, wihh, jangan ditanya. Air ketemu gunung, so pasti segeeeerr! Jauh lebih seger dari cewe yang ketemu di mall kemaren!

Di sekitar sini juga banyak ada fasilitas, kaya kolam renang, outbond, dan bumi perkemahan. Selain itu, kali aja kamu pengen beristirahat semalem di sini, bisaaa.. Ada berbagai villa dan hotel di sekitarnya. Kalo sempet, bisa juga mampir di pasarnya, aneka buah seger bisa dibeli di sini.

Setelah cukup bersenda gurau, foto-foto, enjoy the nature, dan biar baliknya ngga kemaleman, dengan berat hati Masbrooo memutuskan buat balik. Eits,
tapi ini belum usai. Di deket parkiran Masbrooo disapa oleh kuliner ala Tretes yang berhasil merespons mata untuk mengirimkan rasa lapar ke otak dan dilanjutin ke perut. Okelah, Masbrooo ngalah. Kita nikmati lagi keindahan Tretes yang lain ini.

Ngga habis-habis ya? Belum, ini masih ada lagi! Berkat ngobrol entah-kemana di food-court ala Tretes tadi, kepikiran buat menuju sesuatu “kayanya candi” yang terlihat dari kejauhan. Lalu ambil kunci mobil, dan kita cus ke sana! Dan bener aja, ada candi! Namanya Candi Jawi. Candi ini merupakan Candi Hindu-Buddha. Masuknya bayar? Uniknya, buat masuk ke tempat ini sukarela aja. Ya bantubantulah buat maintenance salah satu peninggalan bersejarah kita.

Koleksi foto pun bertambah. Lumayan buat menuh-menuhin timeline Instagram. Dan setelah semua tips dari Aryawira dan Tutde di workshop “Mobile Photography” MEREMAS dipraktekkan, saatnya Masbrooo melanjutkan perjalanan balik ke Surabaya, dan tentunya sembari ngedit foto-foto barusan dengan efek andalan dari aplikasi VSCO di dalam mobil.

Dan overall, Tretes is very recommended buat kamu kalo aja lagi maen di sekitar Jawa Timur. Pokoknya Masbrooo hearts Indonesia dehhh!

Comments

comments

Previous articleL’AMORE
Next articleArya wira santosa & Tutde darmawan
Punya banyak cerita, jadi suka bercerita. Berharap kamu menjadi salah satu cerita yang akan diceritakan ke anak kita nanti.
SHARE

LEAVE A REPLY