TrashStock Festival yang Selalu Konsisten Akan Isu Sampah

58
views
trashstock festival
Sumber gambar: instagram @trashstockbali

TrashStock Festival merupakan sebuah rangkaian acara dari sebuah komunitas Bali yang peduli dengan kelangsungan alam Bali, di mana Bali kini dihantui oleh masalah sampah plastik yang tidak kunjung-kunjung berkurang jumlahnya. Malahan kini semakin hari semakin meningkat lho. Makanya para teman-teman Mz di TrashStock sadar dan tidak pernah lelah berusaha menjadi agen perubahan untuk alam Bali.

Masalah sampah ini sangat mengerikan, karena banyak hewan-hewan laut, seperti ikan pari dan penyu yang terkena imbasnya. Ikan Pari dan penyunya jadi pada makanin sampah deh 🙁

Ngomongin soal hewan nih, acara TrashStock Festival kali ini ada hubungannya soal perayaan Tumpek Kandang di Bali yang diadakan seminggu setelah acara ini.

Sebagai umat Hindu pastinya tahu, kalau Tumpek Kandang merupakan salah satu tradisi umat Hindu yang ditujukan terhadap para hewan. Di sini para hewan akan disembahyangi sebagai bentuk penghormatan umat Hindu kepada para hewan, baik itu hewan ternak maupun hewan peliharaan. Dan salah satu cara untuk menghormati para hewan ini adalah tidak merusak ekosistem mereka dengan membuang sampah sembarangan.

Baca juga:  Ada-Ada Aja Kreatifitas Anak PlastikDetox Bali

TrashStock Festival, sampah plastik, dan keberlangsungan hewan laut di Bali

trashstock festival
Makanya jangan buang sampah sembarangan | Sumber gambar: instagram @trashstockbali

Yup, kali ini memang ada kaitannya dengan keberlangsungan kepada para hewan laut yang “asik” menikmati sampah plastik hasil dar perbuatan manusia. Mereka tidak sepintar manusia yang memiliki Tri Pramana, makanya semua sampah plastik yang menyebar di laut dimakan saja, hingga plastik tersebut membunuh perlahan para hewan laut.

Terus, apakah kamu masih ingin dengan sembrononya membuang sampah plastik dan membiarkan mereka memakan makanan yang tidak seharusnya dimakan?

Sebagai generasi muda yang otaknya masih seger, ayo mulailah sadar kalau alam Balimu kini udah rusak akibat sampah plastik.

Baca juga:  Jangan Buang Sampah Kamu, Karena Bisa Ditabung Di Komunitas Simalu

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuah sampah pada tempatnya, kemudian belajar untuk memilah sampah, dan yang terakhir kamu bisa ikutan gabung dalam gerakan TrashStock ini.

Seperti kata CEO Founder TrashStock Hendra Arimbawa “Coba deh kamu memungut sampah yang ada di pantai dan setelah selesai pastinya kamu akan merasa capek. Nah, darisana baru akan sadar kalau membuang sampah plastik sembarangan sangat merugikan orang lain dan lingkungan” kata Hendra.

Kalau masih kepo soal acara mereka, bisa banget langsung datang ke Kulidan Kitchen & Space, Desa Guwang, Gianyar pada tanggal 4-5 Agustus 2018. Bakalan ada banyak hal-hal seru di sini, seperti penampilan beberapa band terkenal asal Bali, pameran lukisan atau foto soal sampah plastik, hingga ada workshop saol penanganan sampah plastik di Bali.

Comments

comments