Anti Ragu-ragu Club Kalo Mau ke Bali dengan Tips Ini

309
views

Kalo ditanya tempat wisata favorit di Indonesia, mungkin sebagian besar orang bilangnya di Bali. Gimana engga, hampir semua wisata yang kamu inginkan ada di Bali. Pantai, udah jelas. Gunung, ada. Air terjun, banyak. Kulineran, apalagi. Shopping, jangan ditanya. Paket klop deh pokoknya. Tapi ngga dikit juga yang masih ragu ke Bali. Alesannya, katanya makan di sana mahal ya? Terus transportasi umum ngga banyak kan di Bali. Nanti kalo mau jalan-jalan di Bali gimana? Ntar ke hotel dari bandara gimana? Eit, stop dulu! Mz jawab pertanyaan terakhir dulu deh mumpung inget, kalo sekarang Traveloka udah ada fitur beli tiket bus bandara online. Jadi masalah terakhir kamu udah terpecahkan. Dan sisa problem yang lain, bakal Mz coba jawab di sini.

Ke Bali bawa baju apa aja sih?

Kalo di Bali mah gampang. Pakaiannya ngga ribet kaya di Jakarta atau kota besar lainnya. Ngga harus pake celana panjang atau sepatu kalo mau kemana-kemana. Standarnya, buat pakaian sehari-hari di Bali kaya gini:

Tips di Bali: outfit
Mau kemana, Bang?
Photo by Artem Beliaikin @belart84

Pake baju kaos, celana pendek, dan sendal jepit udah cukup kok buat pakaian sehari-hari di Bali. Ni biasanya pakaian buat berkeliling di sekitar hotel atau penginapan kamu. Ke mal pun gayanya kaya gini. No problemo.

Yang mungkin agak ribet, kalo bepergian ke daerah yang cukup jauh. Yang kaya jalan-jalan lintas Kabupaten di Bali. Kalo case-nya kaya gitu, coba outfit kaya gini:

Outfit di Bali
Awas ulung, Gek!
Photo by Artem Beliaikin @belart84

Ni agak ribet versi Bali ya gini. Pakaian kaya sehari-hari, cuma ditambah kacamata sama pake sepatu casual aja. Sisanya sama. Kalo mau, tambah topi juga ngga masalah, biar ngga kepanesan.

Ada penginapan murah ngga?

Wah, kalo bicara penginapan murah di Bali, banyak! Jangan cari hotel kalo budget kamu pas-pasan. Saran Mz, mending cari kost-kost-an harian aja di Bali. Biar biayanya murah, tapi kamarnya ngga murahan. Toh juga kamu perlu kamar cuma buat tidur dan naruh barang. Sisa waktunya pasti habis buat jalan-jalan.

Kalo mau cari kost harian, cari di daerah Denpasar. Udah deket kemana-mana, apa-apa murah juga.

Kost harian di Bali
Yang penting bisa bobo di atas kasur aja, bukan kardus.
Photo by travelingyuk.com

Makannya mahal ngga? Ada makanan non-babi ngga?

Makanan di Bali emang mahal-mahal….

Kalo di daerah-daerah pariwisata untuk bule kaya Kuta, Ubud, dan lain sebagainya. Itupun kalo kamu masuknya ke restoran-kafe. Ya wajar, market mereka turis internasional. Mata uangnya aja jauh lebih tinggi dari kita.

Tapi kalo dicari-cari lagi, sangat banyak makanan murah di Bali. Terutama makanan lokal. Cara paling simple, maen aja ke pasar tradisionalnya, biasanya menyajikan beraneka ragam kuliner lokal. Tinggal pilih aja. Atau kalo mau agak update, tinggal buka Instagram, terus search dengan hashtag #kulinerbali atau #kulinerkuta atau kuliner di daerah mana yang kamu pengen. Atau coba cek kuliner lokal Bali di Google, udah banyak kok blogger yang ngebahas hal itu.

Sate babi di Bali
Bu, pesen sate 200 tusuk!
Photo by Artem Beliaikin @belart84

Kalo kamu muslim, tenang, di Bali ramah sama wisatawan muslim kok. Sangat banyak makanan lokal Bali yang non-Bali. Kamu bisa cobain ayam betutu, lawar gurita, sate languan, dan masih banyak lagi. Bahkan, salah satu kuliner lokal Bali yang terkenal, Men Weti di Sanur, menunya non-babi.

Men Weti Sanur
Ini namanya Nasi Men Weti. Lokasinya pas di pantai Sindhu, Sanur.
Photo by ulinulin.com

Transport-nya gimana?

Kalo transport dari bandara ke penginapan udah clear kan tadi di awal? Tinggal pake Traveloka aja, terus cari Airport Transfer. Nah, sekarang untuk transport sehari-hari, yang kamu perluin cuma sewa sepeda motor. Harganya murah kok, rata-rata Rp 50,000-an per hari.

Suasana jalan di Bali
Bapak depan itu mukanya mana ya?
Photo by Artem Beliaikin @belart84

Kalo di Bali mah kemana-mana enakan naik sepeda motor, karena selain luwes, lebar jalan-jalan di Bali juga rada sempit. Selain itu, parkir untuk mobil juga rada susah di Bali, karena di beberapa tempat (terutama di Denpasar), tidak diperbolehkan parkir di pinggir jalan. Makanya Mz saranin mending pake sepeda motor.

Comments

comments