Situ Mau Liburan ke Vietnam? Nih Tips Murahnya

85
views
Travelling ke Vietnam
Dimana nih? Tuh, baca aja judulnya. | Source: retailinasia.com

Nih, bukannya sombong ya, Mz kemaren baru dateng dari liburan ke Vietnam. Ya, buang-buang duit receh-lah.

Vietnam ini negara yang unik dan indah. Menurut Mz sih, mereka berhasil mengeksplorasi dan memajukan sektor pariwisatanya hingga memikat para traveller. Vietnam ngga lagi cuma ramai pada malam hari, tetapi juga mempesona pas siang hari, baik alamnya, kulinernya dan juga warganya.

Nah, sebelum melakukan perjalanan, Mz saranin jika kita melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu. Termasuk tentu aja beli tiket Vietnam Airlines terlebih dahulu, biar dapat tiket murah ke negeri tersebut. Apalagi jika ini adalah pertama kalinya. Selain untuk menjamin kesiapan dana, ada pula hal lain yang perlu diperhatiin, HEMAT.

Perjalanan Jakarta – Hanoi

Sorry dulu ya mafrens mamen, karena Mz waktu itu cus dari Jakarta, tipsnya start from Jakarta ajah ya. Kalo dari Bali ngga beda jauh kok!

Inflight Meal
Nih, enak Bro mamamnya di pesawat kaya gini. | Source: vietnamairlines.com

Kalo kamu traveling sendirian atau bersama pasangan, kamu bisa menggunakan Vietnam Airlines dari Jakarta ke kota Hanoi. Pesawat ini ngasi fasilitas berupa makan, power/USB port, dan entertainment, termasuk bagasi yang bisa kamu manfaatin selama perjalanan. Ini penting, Brooo, karena kamu akan menempuh perjalanan yang cukup lama, sekitar 7-8 jam. Dan semua penerbangan Jakarta – Hanoi itu transit di Bandara Tan Son Nhat International, Ho Chi Minh City.

Turun dari pesawat, kamu bisa naik tuktuk menuju hotel. Tuktuk itu apa? Sabar, nanti Mz jelasin. Tips hematnya: untuk tempat wisata yang jaraknya jauh dari Ho Chi Minh City, kamu bisa kesana dengan menggunakan Bus yang bisa dipesan secara online.

Makannya gimana?

Tetapkan budget untuk keperluan yang satu ini, supaya kamu ngga terlalu irit untuk urusan perut selama perjalanan liburan. Ya, selain menikmati sepuasnya wisata kuliner di negeri ini, makanan sangat penting untuk persediaan energi dan daya tahan. Harga seporsi makanan di Vietnam rata-rata membutuhkan Rp 36.000 s/d Rp 60.000. Kamu udah bisa nikmatin sepiring Spring Rolls atau Mie Pho. Kalau kamu ingin ngopi, secangkir kopi di sana sekitar Rp 15.000.

spring roll
Ini dia spring roll-nya. Bahasa Indonesia-nya apa? Lumpia. | Source: hungryhuy.com

Tipsnya, sebelum berangkat kamu perlu siap sedia dengan kesehatan dan vitamin. Dengan fisik yang oke, kamu bisa kulineran di tempat yang lebih murah seperti di pinggir jalan. Tapi tentu tetap perhatikan faktor kebersihan. Makanan pinggir jalan memang menjadi andalan para traveller, seperti backpacker yang irit. Selain itu, manfaatkan sebaik mungkin sarapan pagi yang disediakan hotel.

Ohya, mumpung inget, sebelum boarding menuju pesawat Vietnam Airlines, sebaiknya beli makanan ringan seperti biskuit, atau wafer. Selain bisa kamu makan kapanpun, bekal kaya gitu penting kalo ternyata kamu kurang menyukai menu Vietnam. Ya, siapa tau kamu ternyata tipe milih-milih makan. Sekadar info, makanan di Vietnam memang lebih banyak berupa sayuran.

Dan untuk menyiasati kebutuhan air putih, kamu bisa beli air putih kemasan ukuran besar (1 atau 1,5 liter) yang bisa kamu beli sekitar Rp 5.000. Cukup murah, dibanding kamu beli kemasan kecil setiap kali abis.

Hati-hati Selama Perjalanan!

Tuktuk versi Vietnam – source:allpointseast.com

Nah, selain sedikit-sedikit nambah kemampuan bahasa Inggris, pas liburan di Vietnam kamu juga bisa belajar berinteraksi dan bernegosiasi. Contohnya bernegosiasi dengan pengemudi taksi. Resepnya, kamu perlu berhati-hati. Taksi di Vietnam semua berargo. Maka saat kamu menggunakan jasa taksi, bayarlah sesuai dengan argo yang tertera. Kalo taksi yang kamu tumpangin minta lebih, mungkin sebaiknya kamu berusaha tetap membayar sesuai argo lalu segera pergi.

tuktuk
Mana nih yang tadi nanya Tuktuk? Ini yang namanya Tuktuk. | Source: allpointseast.com

Untuk menyiasati kebutuhan transportasimu selama berlibur, sebenarnya ada beberapa hotel di Vietnam menyewakan motor. Kamu bisa menggunakannya untuk berkeliling dengan lebih hemat, dibanding menggunakan jasa taksi atau tuktuk.

—–

Nah, kira-kira dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu udah bisa mengisi liburanmu di Vietnam dengan aman dan tentunya hemat, termasuk dengan mengandalkan maskapai Vietnam Airlines yang bakal membawamu dengan rasa aman.

Comments

comments