Ternyata Ada Sejarah Nusa Lembongan yang Harus Kamu Tahu

1049
views
nusa lembongan

Heboh! Ternyata dibalik keindahan daerah Nusa Lembongan tersimpan sebuah asal-usul sejarah yang bikin kamu tercengang soal pulau eksotis dari Bali ini. Sumber menarik dari Babad Nusa Penida, menjelaskan awal mula Desa Lembongan bermula dari seseorang bernama I Renggan yang sangat senang melakukan Tapa Brata Yoga Samadhi. Ia Bertapa di Pasraman Puncak Gunung Mundhi di Nusa Penida. Saking tekunnya sampe-sampe Ida Dukuh Jumpungan yang sudah moksa dan berada di Siwa Lokha berkenan turun ke bumi untuk memberikan anugerah kepada cucunya berupa kesaktian.

Ternyata kesaktian Ida Dukuh Jumpungan yang merupakan penjelmaan dari Dewa Siwa yang turun ke Bumi bersama sakti beliau, yakni Dewi Uma, beserta pengikut Beliau, seperti Tri Purusa, Catur Lokha Pala, dan Asta Gangga.

Perahu Sakti Dukuh Jumpungan

nusa lembongan
Pada suatu hari di daerah ini punya banyak sejarah yang seru

Dukuh Jumpungan juga memiliki perahu besar yang digunakan untuk Dukuh Jumpungan juga memiliki perahu besar berlayar menikmati indahnya lautan bersama istri (dewi Uma) dan sisya Beliau. Selanjutnya perahu itu diwariskan kepada I Renggan dan setelah mendapatkan kesaktian dari Ida Dukuh Jumpungan, I Renggan jadi sakti mantraguna.

Karena merasa dirinya sakti maka I Renggan ingin memamerkan kesaktian dirinya dan kesaktian perahu kakeknya yang terkenal sangat sakti, semua yang ditabrak oleh perahu Ida Dukuh Jumpungan akan hancur,sirna dan, lenyap tanpa bekas. Gila banget bisa begituan perahunya dan hal ini dibuktiin dengan menabrak pulau Nusa Penida.

Sebelum melancarkan aksinya I Renggan melakukan Yoga Samadhi memohon restu pada kakeknya, yaitu Dukuh Jumpungan. Setelah mendapatkan restu mulailah I Renggan dan anak buahnya melakukan aksinya menabrak pulau Nusa Penida hingga terbelah jadi dua bagian dan membentuklah sebuah loloan atau aliran air yang memisahkan Pulau Nusa Penida dengan pecahannya akibat ditabrak oleh perahu tersebut yang kemudian loloan itu diberi nama loloan Penida. Pulau Nusa Penida yang terbelah menjadi dua bagian ini, yang sebelah Selatan lebih besar disebut dengan Nusa Gede sedangkan bagian yang lebih kecil disebut Nusa Cenik.

Baca juga:  Mengkritik yang Asoy tuh Kayak Gimana Sih?

Pulau Cenik terbelah lagi jadi Nusa Lembongan

nusa lembongan
Kayak gitu sih sejarahnya

I Renggan ga puas cuman bisa membelah Nusa Penida aja nih. Beliau berlanjut ingin membelah Bali bagian Utara, tepatnya ingin membelah Gunung Agung. Selain itu, I Renggan juga ingin bikin orang Bali jadi geger akan kesaktiannya dengan cara bikin Gumi Bali jadi grubug atau terkena wabah besar-besaran. Kemudian I Renggan mulai bersamadhi dan mengeluarkan kesaktiannya untuk mengerahkan serangga serta kutu terbang, yang kemudian menyerang seluruh tanaman di Pulau Bali.

Hasilnya masyarakat Bali menjadi panik dan penuh ketakutan dan Penguasa yang ada di Bali yang beristana di Gunung Agung bernama Ida Hyang Toh Langkir penjelmaan dari Bhatara Wisnu yang turun ke bumi membalas serangan serangga yang di buat oleh I Renggan dengan cara menciptakan api yang berhasil membakar serangga dan kutu terbang, sehingga semua serangga dan kutu terbang hangus terbakar menjadi abu. Tumpukan abu serangga tersebut membentuk sebuah bukit yang disebut dengan Bukit Pawon.

I Renggan ga mau menyerah sampai segitu aja. Beliau kemudian mulai bersamadhi lagi membuat rencana yang lebih besar dengan membuat gempa bumi dengan kesaktian perahu tersebut serta ingin menabrak Gunung Agung dimulai dari Padang Bai. Mengetahui rencana jahatnya, Ida Hyang Toh Langkir menjadi sangat marah, dan mengutuk I Renggan beserta perahunya agar hanyut dan tenggelam. Kesaktian Ida Hyang Toh Langkir bikin perahu I Renggan menjadi tidak terkendali serta terombang-ambing ditengah lautan, dan akhirnya hanyut di tepi pantai Nusa Cenik.

Baca juga:  Takut Dibunuh, Pria ini Malah Melakukan Sesuatu yang Tidak Diduga
nusa lembongan
banyak hal menarik yang kamu ahrus tahu soal Nusa Lembongan

Pulau Nusa Cenik pun terbelah lagi menjadi 2 bagian akibat peristiwa itu, dimana yang dikenal sekarang namanya disebelah Selatan Nusa Ceningan dan disebelah Utara Nusa Lembongan. Setelah itu I Renggan menetap dan bertapa disana hingga mencapai moksa.

Jadi, kisah adanya Nusa Lembongan ini diakibatkan oleh perahu I Renggan warisan Ida Dukuh Jumpungan terhempas dari tiupan angin Ida Hyang Toh Langkir yang berusaha menyelamatkan masyarakat Bali. Ini salah satu sebuah bukti mengapa sampai saat ini Gunung Agung masih dianggap suci sama masyarakat Bali dan dibalik bencana letusan Gunung Agung ini masyarakat Bali masih percaya dengan kemahakuasaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Ida Hyang Tohlangkir yang bakalan menjaga seisi alam Bali ini.

Comments

comments