Tanpa Kamu Sadari Begini Kebiasaan Orang Bali yang Unik Banget

622
views
unik banget

Ini menyabung artikel sebelumnya yang udah sempet Mz bahas mengenai soal Kebiasaan Orang Bali yang bikin Turis nyaman tinggal di Bali. Ternyata tanpa disadari ada yang membedakan bagaimana kehidupan budaya orang Bali dengan orang pada umumnya. Mungkin ini salah satu yang bikin orang Bali itu di cap unik banget kalau mereka tinggal di luar Bali.

Kira-kira itu apa ya? Nah, berikut beberapa kebudayaan orang Bali yang unik banget dan sudah menjadi kebiasaan di Bali sejak jaman dahulu. Entah kenapa jika tidak melakukannya berasa kurangĀ klop gitu.

Sebelum masuk rumah orang Bali wajib mampir ke dapur dulu

unik banget
Ini bedanya dapur orang Bali

Ini udah pasti beda dengan sebagian kehidupan manusia di bumi. Yup! Orang Bali sebelum masuk ke rumah atau kamarnya masing-masing pasti hal pertama yang mereka lakukan adalah mampir dulu ke dapur agar semua aura negatif yang sempat mengikuti mereka segera dimusnahkan. Maklum dapur orang Bali itu sakral dan ampuh banget meleburkan semua kekuatan magis yang mengikutimu saat di jalan.

Baca juga:  Rekomendasi Tempat Makan Siobak Bali Cuman di sini Aja

Sebelum pulang Orang Bali selalu menawarkan tamunya untuk makan

unik banget
Sebelum pulang, makan dulu kuy | Sumber gambar: catering murah

Tidak tahu mengapa ini menjadi sebuah kebiasaan orang Bali jaman dulu. Cobain deh bertamu ke rumah orang Bali yang berada di desa-desa gitu, pasti saat kamu pulang, pihak tuan rumah langsung menawarkan kamu untuk makan. Sebenarnya sih ini bagian dari sopan santun orang Bali terhadap tamu yag berkunjung ke rumah mereka.

Suka bagi hasil kebun kepada tamu

unik banget
Orang Bali mah suka berbagi: kompas

Nah, selain menawarkan untuk makan, kamu juga bisa diberikan oleh-oleh berupa hasil kebun mereka yang udah panen. Ini memang bagian dari keramah tamahan orang Bali kepada tamunya yang dianggap sudah baik kepada mereka. Kamu tidak boleh menolak ya, nanti mereka jadi sakit hati lagi.

Bukan sarapan namanya kalau tidak makan nasi atau jajan Bali dan segelas kopi

unik banget
Sarapan santai dulu di Bali

Orang Bali tidak akan merasa sudah sarapan tanpa hadirnya sepiring nasi lengkap dengan lauk khas Bali yang menggugah selera. Berat banget yaa sarapan orang Bali, tapi ada juga lho versi ringannya, yaitu jajan BaliĀ plus segelas kopi hangat. Kalau udah ada ini dijamin akan lebih semangat mengawali hari.

Baca juga:  Berbagai Pertanyaan yang bikin Kamu Cepat Akrab Sama Pedagang Di Bali

Begitulah kehidupan orang Bali, di mana mereka selalu ingat untuk berbagi dan selalu menghargai orang lain meskipun orang tersebut bukan dari orang Bali. Enak kan punya teman Bali? Pastinya enak, karena saat kamu liburan di Bali, bisa sekalian menginap di rumahnya dan kamu akan diberlakukan secara istimewa.

Comments

comments