Sulit tidur? Bisa jadi Insomnia!

287
views

Kamu kalo bangun sering telat? sering dipanggil sama Guru BK?  atau sering diteriakin sama satpam? pasti ada alasan dibalik semua keterlambatan itu kan? Mungkin aja kamu kemarin malemnya lagi ngerjain tugas kelompok yang mestinya dikerjain kelompok, tapi kamu ngerjainnya SENDIRIan aja. Bisa juga sih kamu sibuk mikirin pacar yang tak kunjung membalas pesanmu, atau mikirin gebetan yang lagi digebet sama temenmu? leh uga tuh.

Tapi bau-baunya sih kalian itu kena yang namanya insomnia. Udah tau insomnia?

Insom bor
lelah sudah mataku ini bang

Apa sih insomnia?

Insomnia itu adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan doi tidur walaupun ada  kesempatan  untuk itu. Biasanya sih insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadangin pacar temen dan kebanyakan ngopi). Insomnia adalah sebagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur. Beberapa masalah tidur antara lain insomnia, narcolepsy, hypersomnia dan apnea (istilah kedokteran gitu). Udah pada tau belum kalo insomnia itu ada tiga jenis? apa aja sih? nih tak kasih tau.

1. Insomnia Sementara

Insomnia jenis ini biasanya berlangsung secara sementara alias singkat, yaitu dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Insomnia sementara biasanya terjadi karena pengaruh lingkungan atau stres. Pernah mengalami ini, bro?

2. Insomnia Akut (Acute Insomnia)

Biasanya penderitanya mengalami gangguan tidur selama kurang lebih satu bulan. Insomnia akut ditandai dengan penderitanya yang tetap mengalami masalah dengan memulai tidur atau mempertahankan tidur meskipun dengan kondisi yang memungkinkan.

3. Insomnia Kronis (Chronic Insomnia)

Insomia ini berlangsung lebih dari satu bulan. Hmm… mekelo ajan (lama sekali)! Gangguan insomnia kronis biasanya terjadi karena penderitanya mengalami masalah halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah-olah bergerak secara perlahan dan masalah penglihatan ganda (double vision), yaitu persepsi penglihatan dimana benda tunggal seolah-olah terlihat ganda. Wah, kalau kamu ngalamin gejala-gejala tersebut sebaiknya langsung GASSS BORR.. cepat-cepat konsultasi kepada dokter ya, biar nggak terus-terusan mengganggu kesehatanmu.

Tidur yang cukup lah intinya, pokoknya Mz nggak mau kalau kamu sakit. Oke?

Comments

comments

Previous articleRai Mantra Buka Walikota Cup Ke- VIII
Next articleLupakan Gadget Saat Kumpul Bareng Temen-Temen

Pemuda yang sedang menuntut ilmu ekonomi di salah satu kampus swasta di dekat Eka Print.

Sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, dan Instagram.
Ingin kenal lebih dekat? Datengin langsung ke rumahnya, dijamin disambut dengan baik oleh.. Pitbullnya.

SHARE