Suka Corat-coret? Selamat!

0
392
views

Ada yang suka corat-coret? Apalagi saat guru menerangkan dikelas, rapat ataupun ulangan bahkan sampai coretan hati bertulis rindu dan coretan-coretan lainnya. Bahasa kerennya sih “Doodle“. Biasanya orang yang melakukannya disebut dengan Doodler. Apakah kamu salah satu doodler? Selamat! Kamu salah satu yang harus bersyukur dan beruntung karena kegiatan coret-coret kamu berguna bagi kreatifitasmu.

Apa Sih Keuntungan Corat-coret?

Pernyataan dari Mbak Sunni Brown dalam bukunya GameStorming : A Playbook for Rule-breakers, Innovators, and Changemakers bahwa kegiatan corat-coret diatas kertas atau nge-doodle ini dapat meningkatkan kreatifitas, karena para doodlers menggunakan 3 kekuatan saat mencorat-coret, yaitu mereka menggambar apa yang mereka lihat (visual), mereka menangkap informasi dengan mendengarkan (audio) dan mereka menggambar dengan tangan mereka (Kinestetik).

Doodler menerapkan 3 hal tersebut dalam waktu bersamaan, sehingga mereka dapat menangkap informasi lebih baik. Tingkat stress pada doodler tidaklah terlalu tnggi bahkan mereka dikenal orang-orang yang sangat santai dan tenang. Karena kreatifitas mereka dalam mencorat-coret menjadikan mereka terbiasa memecahkan masalah dengan cara-cara baru dan tetap tenang. Bahkan menurut penelitian sebagian besar doodler adalah orang-orang yang memiliki IQ tinggi karena imajinasi mereka yang tak terduga.

CORAT-CORET
Upin dan sanak saudara

Mereka mampu mengingat peristiwa dan hal-hal lain bahkan kenangan-kenangan masa lalu dalam jangka panjang. Hal ini juga bisa dikarenakan terbiasanya para doodler mengingat suatu setiap bentuk ataupun objek yang akan mereka gambar membuat mereka memiliki ingatan yang kuat. Walaupun mereka dapat mengingat kenangan-kenangan masa lalu bukan berarti mereka cepat baper. Doodler is a relax person.

[irp]

Konsentrasi para doodler akan meningkat ketika mereka mencorat-coret. Seringkali orang-orang ini terlihat melamun saat mencorat-coret seakan pikiran mereka mengembara entah kemana. Padahal justru saat mencorat-coret itu mereka akan merasa lebih tenang dan nyaman, maka mereka pun siap untuk menangkap setiap informasi. Jadi mereka dapat menangkap informasi lebih baik dari yang lainnya.

Manfaat corat-coret
Eh ini bukannya ngelamun yaaa….

Biasanya, doodler tidak pernah kenal galau ataupun kesepian. Mereka akan selalu merasa nyaman walaupun tidak ada yang sms “udah maem belum? Kamu lagi dimana?”, mereka sangat santai. Walaupun begitu, doodler bukanlah orang yang egois ataupun memiliki dunia sendiri. Bisa terlihat dari setiap coretan unik dan ramai yang mereka buat mereka adalah orang-orang yang unik dan asik diajak berteman.

Comments

comments

Previous articleANALISIS ASOY: Save Teletubies
Next articleSEKOLAH BERJUTA ACARA
Jarang terlihat di frame, tapi sering jadi bagian yang penting dari sebuah momen. Mula-mula malu-malu lama-lama malu-maluin....^^
SHARE

LEAVE A REPLY