Semut Ireng Bali, Ga Sekedar Photography

0
135
views
semut ireng bali

Semut Ireng, kedengerannya kayak perkumpulan pecinta hewan semut deh. Jelas bukan penyuka hewan semut, tetapi ini adalah sebuah komunitas fotografi kreatif di Bali nih!

Jadi ketemu sama anak Semut Ireng berawal dari ngumpul bareng dengan anak peduli lingkungan gitu. Tau-taunya ketemu sama bro Vifick Bolang, sekaligus salah satu anggota dari komunitas Semut Ireng. Ngga tanggung-tanggung, Vifick bercerita gimana komunitas Semut Ireng tersebut.

semut ireng
Jadi gini ya adik-adik… | Vifick Bolang itu yang pake kacamata. IG-nya @vifickbolang

“Memotret, mendapatkan foto yang bagus dan selesai. Fotografi barangkali udah jarang dimaknai sebagai melukis dengan cahaya”, tutur Vifick si Bolang, bocah petualang. Para anggota Semut Ireng selalu berusaha mencari sudut pandang memotret yang berbeda. Semut Ireng punya semboyan yang mantep banget mengenai seni, “Yang item itu ‘semut’-nya, bukan ‘ireng’-nya. Kami memaknai bahwa, seni itu tergantung pada orangnya yang nyipatain, entah itu seperti apa bentuknya”.

Berbagai project yang dilakukan oleh komunitas Semut Ireng, seperti melakukan hunting bareng hingga mengadakan workshop tentang dunia fotografi dari sudut pandang mereka. Ada juga nih sebuah konsep foto yang banyak orang ga tahu. Yup, dengan konsep kamera Lubang Jarum, terus diperkenalkan kepada para pecinta fotografi.

semut ireng
Ini nih kamera konsep Lubang Jarum Customnya anak Semut Ireng!

Vifick Bolang ngejelasin mengenai seni fotografi itu sebenarnya untuk berkreativitas, ngga ditentunkan oleh jenis kamera atau medianya seperti apa, melainkan tingkat daya kreativitas orangnya. Komunitas Semut Ireng mengajarkan untuk ngga hanya terpaku pada jenis kamera yang digunakan, tetapi bagaimana kita dapat memanfaatkan semuanya, entah itu suasana tempat hingga sudut pengambilan gambar, karena gambar yang indah adalah gambar yang bercerita dan mampu mengikat hati yang melihatnya.

Jadi ngga harus punya lensa atau kamera mahal untuk menciptakan sebuah karya seni, imajinasi adalah kunci untuk menciptakan seni itu sendiri. So inspiring! Jadi, sebagai anak muda Bali, tetap kreatif dengan apa yang kalian miliki saat ini.

Comments

comments