Selain Loket Khusus Balian di Rumah Sakit, Apa Lagi Sih Programnya Pak Koster?

111
views
Loket Khusus Balian di Rumah Sakit
Source Image: terasbalinews

Untuk sekedar informasi aja, Pak Wayan Koster sah menjabat sebagai Gubernur Bali pada tanggal 5 September 2018. Hitungannya sih memang belum lama ya menjabat sebagai Gubernur Bali, tapi Pak Koster udah melakukan banyak gebrakan-gebrakan nih. Bahkan beberapa gebrakan yang beliau keluarkan sempat membuat para netizen yang budiman bertanya-tanya, “what are you doing, sir?”

Salah satu gebrakan tersebut adalah akan disediakannya loket khusus Balian di Rumah Sakit.  Informasi yang Mz dapetin dari berbagai kanal berita, salah satunya Tribun Bali (ciye, tribun),  katanya Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster, akan membuat loket di rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Bukan loket untuk jualan tiket, tapi loket khusus untuk Balian dan tukang pijat yang akan diberlakukan secara resmi.

Loket Khusus Balian di rumah sakit
Mungkin nggak baliannya pake stetoscope? Source Image: IDNTimes

Selain program tersebut, ada lagi nggak? Ada dong, yakale cuma program sebiji doang.

Program Pak Koster Selain Loket Khusus Balian di Rumah Sakit

Aksara Bali dan Pakaian Adat Bali Adalah Kewajiban

Kalau kamu punya kantor atau kerja di kantor tapi di atas papan nama perusahaan nggak ada tulisan Balinya, hati-hati kena ciduk! Aturan ini diberlakukan secara resmi pada tanggal 5 Oktober 2018 sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 80 Tahun 2018 sebagai perlindungan dan penggunaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Bali.

Loket Khusus Balian di Rumah Sakit
Harus kayak gitu lho. Source Image: Merdeka

Selain penggunaan aksara Bali, para pegawai kantor, pejabat publik, anak sekolahan, anak kuliahan, dll, wajib menggunakan pakaian adat di hari-hari tertentu. Seperti, hari kamis, purnama, tilem, dan ulang tahun daerah. Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali secara serentak di seluruh Bali.

Legalisasi Arak

Loket Khusus Balian di Rumah Sakit
Launya jangan lupa, Pak hehe. Source Image: Tribun Travel

Arak yang biasanya digunakan sebagai “sarana” untuk nyanyi, cerita, atau apapun itu bareng temen-temen, kali ini akan dikembangkan sama Pak Koster. Arak yang identik dengan kata mabuk akan berubah menjadi sesuatu yang baik untuk kesehatan. Kebijakan ini dibuat karena arak Bali adalah kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Selain 3 aturan tersebut, ada beberapa aturan yang nggak bisa Mz jelaskan secara terperinci. Contohnya merancang pergub buah lokal, menutup toko Tiongkok yang merugikan Bali, kereta api di Bali, dan perkembangan bandara di Bali Utara.

By the way, pendapat kamu tentang aturan-aturan tersebut gimana?

Comments

comments