Sekaa Teruna-Teruni dalam Era Globalisasi

0
101
views
Sekaa Teruna-Teruni

Sekaa Teruna-Teruni itu apa?

Bukan cuman sekedar kumpul anak muda dalam satu wilayah lingkungan Banjar aja, melainkan sebuah wadah dalam mengembangkan kreativitas remaja, dalam hal untuk melestarikan budaya dan tradisi setempat. Di Kota Denpasar banyak banget Sekaa Teruna-Teruni yang kreatif bikin berbagai acara budaya.

Nah, ada juga sedikit permasalahannya nih! Saat ini, Sekaa Teruna-Teruni beberapa yang kurang aktif gitu. Berbagai masalah yang Mz dengar dengan teman Mz yang juga tergabung dalam Sekaa Teruna-Teruni, seperti kalau ga pernah datang dimusuhi, ga diajak bergaul, dan sekalinya datang ga dianggep gitu.

Kok gitu ya? Yaaa zaman sekarang bro namanya Globalisasi, teknologi serba canggih dan mata pencaharian juga beda-beda, hingga pendidikan sekarang pun berubah. Serba berubah pokoknya. Jadi, apa sistem aturan lama (aktif datang terus saat rapat Sekaa Teruna-Teruni) yang ada di Sekaa Teruna-Teruni masih bisa dipertahankan? Bisa aja, asalkan ada beberapa yang menurut Mz harus dipertahankan. Pada dasarnya banyak yang kurang tahu budaya masyarakat Bali seperti apa. Padahal di budaya kita mengenal konsep Tat Twam Asi. Sebuah budaya Bali yang mengajarkan kita untuk saling menghormati dan menghargai sesama.

Sekaa Teruna-Teruni
Ini nih Sekaa Teruna Teruni yang menjunjung tinggi budaya Bali | Sumber: stttirtamanik.files.wordpress.com

Temen Mz curhat, kok sekarang Teruna-Teruni-nya sedikit yang ikut rapat, ada yang bilang bikin tugas, kerja atau kuliah. Yaa, dimaklumi sih. Sekarang tinggal gimana kita menanggapi bersama.

Seperti yang udah dijelasin mengenai Sekaa Teruna-Teruni bukan ajang sekedar kumpul-kumpul aja, tetapi Sekaa Teruna-Teruni memang tempat para anak muda untuk berkreativitas demi melestarikan budaya Bali. Ga hanya bikin bazzar, lomba layang-layang dan ogoh-ogoh aja kegiatannya, ada juga lomba desain, kesenian Bali, hingga tari Bali.

Terus gimana caranya biar tetap kompak Sekaa Teruna-Teruni-nya? Jaman emang terus berubah, tetapi persatuan harus tetap dijaga. Kalau Mz sih sarannya, buat sebuah pendekatan dengan anggota pemuda yang jarang datang saat kegiatan Sekaa Teruna-Teruni. Lanjut ajak berkomunikasi dengan woles dan berusaha mengerti kegiatannya dia di luar kepemudaan. Terakhir nih berusaha meyakinkan dia, kalau tenaga dan kemampuannya sangat diperlukan di organisasi Sekaa Teruna-Teruni.

Jauh lebih baik di zaman sekarang, apalagi semuanya udah serba modern, tentunya cara untuk mengajak untuk orang ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ngga boleh dengan paksaan atau langsung untuk mengajak yang lain untuk memusuhinya. Suatu saat nanti kalian bakal butuh tenaganya. Jadi pesan Mz, jadilah Sekaa Teruna-Teruni yang kreatif dan tetap menjunjung tinggi semangat Tat Twam Asi. Sekaa Teruna-Teruni yang kreatif adalah pemuda banjar yang mampu merangkul seluruh anggotanya dan menciptakan sebuah pergerakan yang cihuy banget.

 

 

 

 

 

Comments

comments