Sebutan Ngurah itu Berkasta atau Nggak sih?

0
191
views
sebutan ngurah

Teman kalian ada yang namanya Ngurah nggak? Kalau Mz banyak banget punya temen yang namanya Ngurah. Nah, kasta di Bali itu beragam banget, dari yang umum hingga paling lawas, seperti kasta Kepakisan dan Ngakan, ternyata merupakan salah satu kasta di Bali. Mz ga bakalan bahas kedua kasta itu, tapi Mz lagi kepoin nih tentang sebutan Ngurah pada nama anak bangsawan di Bali. Banyak keturunan kasta raja di mana dalam anak mereka diberikan gelar Ngurah dan ternyata Mz baru tahu apa makna dari gelar Ngurah itu.

Sebutan Ngurah ternyata sebuah gelar yang berarti hasil perkawinan antara keluarga bangsawan dengan bukan bangsawan atau bisa disebut dengan golongan prami atau jaba. Konsekuensinya sang anak nggak bakalan bisa menjadi penerus darah keturunan raja. Nah, ada lagi nih asal-usul tentang gelar nama Ngurah. Konon nenek moyang mereka adalah seorang penguasa, tetapi karena kalah perang, jadi terpaksa harus “nyineb wangsa”, menyerahkan kekuasaan dan tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan mereka.

sebutan ngurah
Dulu itu kita mengabdi sama Raja, sekarang mengabdi sama negara | Sumber: 3.bp.blogspot.com

Jadi, gelar Ngurah itu termasuk berkasta apa enggak ya? Kalau dibilang berkasta, ga mungkin bisa jadi penerus raja, karena ibunya seorang Jaba, tapi kalau dibilang bukan termasuk kasta, Ngurah tetap menjadi salah satu bagian dari keturunan raja. Di Bali, gelar kasta itu merupakan ukuran kehormatan sebuah keluarga dan biasanya orang yang memiliki gelar atau tingkat lebih tinggi dari orang tidak berkasta atau Jaba atau memiliki kehormatan lebih tinggi dari orang Jaba. Makanya Anak Agung, Gusti, Ida Bagus, Ida Ayu, dan Cokorda, serta Ngurah hingga saat ini masih dihormati oleh masyarakat di Bali yang berkasta Jaba.

sebutan ngurah
Ini foto jaman dulu sebelum ditemukannya Photoshop | Sumber: 3.bp.blogspot.com

Jadi kesimpulan Mz, gelar Ngurah itu masih tergolong dalam kasta bangsawan di Bali, tetapi para penyandang gelar Ngurah tidak memiliki hak untuk mewarisi gelar raja selanjutnya, karena hasil pencampuran darah raja dengan Jaba. Lalu sepenting itukah sebuah gelar kasta di zaman now? Gak penting yaa… Karena udah sewajarnya sesama manusia harus saling menghormati tanpa memandang kasta. Ingat setinggi-tinggi apapun kasta kalian, tetap aja makannya sama-sama nasi, jadi ga usah sombong karena kasta.

Comments

comments