Sang Pemburu Binatang Yang Masuk Surga

0
173
views
Siwa Ratri

Ntar khe mekemit di sekolah? Ntar khe mekemit di Pura? Biasanya sih pertanyaan kayak gitu yang kita denger kalo udah Siwa Ratri.

Siwa Ratri itu upacara agama yang dilakukan oleh umat Hindu, dan selalu dikaitkan dengan cerita Lubdaka karangan Mpu Tanakung.

Intinya Lubdaka yang berprofesi sebaga pemburu binatang ini lagi sepi job, nggak dapet buruan sama sekali. Udah sampe malem nih nggak dapet juga akhirnya doi naik ke pohon yang bernama pohon bila. Nginep kan si Lubdaka di atas pohon, kalo udah malem dan takut tiba-tiba diserang binatang buas, Lubdaka bertekad untuk nggak tidur. Pinter nih Si Lubdaka, biar nggak ngantuk doi metikin daun pohon bila ini trus dijatuhin ke dalem kolam. Ya ada kolam gitu di bawah pohon yang dinaiki Lubdaka.

Tau nggak gaes, kolam yang dijatuhin daun sama Lubdaka itu adalah Stana (pusat kekuasaan) dari Hyang Siwa, dan otomatis Lubdaka mendapatkan anugrah dan kalo Lubdaka mati otomatis dia masuk surga. Kok bisa? Iya soalnya si Lubdaka kan diem aja tuh diatas nggak ngapa-ngapain, dia cuma metikin daun pohon bila yang diibaratkan sebagai genitri. Jadi secara nggak langsung kan Si Lubdaka ini bersemedi di atas, iya kan?

Hari ini kan Siwa Ratri, jangan lupa sembahyang ya. Kalau bisa mengaplikasikan tindakan dari Lubdaka sih oke banget, tapi kalo nggak ya setidaknya berbuatlah yang baik. Oke?

Comments

comments

LEAVE A REPLY