Saatnya Pemuda Denpasar Merubah Dunia Melalui Start UP Digital

0
174
views

Denpasar menjadi ekosistem startup baru di Indonesia yang bertumbuh dengan pesat. Ada sekitar 1.500 entrepreneur yang masih berusia dibawah 40 tahun di pulau Dewata, orang berbakat di bidang IT, inisiatif acara, dan startup yang mulai menjamur di pulau ini.

Seiring pertumbuhan ekosistemnya, banyak bermunculan coworking space di Denpasar yang bisa membantu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan startup, seperti Kumpul coworking space dan Rumah Sanur creative hub, Coffee Network Bali, BIRO, Bejubels, Nightmarket & Coworking dan masih banyak yang lainnya.

Keunggulan ini juga didukung dengan pertumbuhan pengguna internet yang semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan pencapaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke8 di dunia.

Karena alasan itulah, Denpasar akan menjadi tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada 2017 mendatang. Sebelum pencaria n calon startup founder dimulai, Denpasar akan terlebih dulu menggelar Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dihelat di Kumpul coworking space, 9 September 2016. Acara ini merupakan kegiatan untuk bertemu dengan komunitas, media, industri, dan akademisi setempat dalam rangka menyatukan visi mencapai Indonesia The Digital Energy of Asia pada 2020. Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Denpasar ini menjadi langkah awal untuk merangkul lebih banyak anak muda kreatif dan inovatif guna menciptakan beragam solusi permasalahan yang dihadapi Indonesia secara digital.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Karena semangat dan aspirasi untuk berbuat sesuatu melalui startup digital di Denpasar sebenarnya sangat besar, namun kita butuh dukungan banyak pihak untuk bantu menciptakan ekosistem entrepreneurship dan startup yang lebih solid disini,” ujar Faye Alund, Ketua Coworking Indonesia dan cofounder Kumpul coworking space.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR ini bukanlah sekadar menciptakan startup, melainkan melahirkan usaha rintisan digital yang berkualitas, yang bisa memberikan dampak positif dan membantu menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Indonesia. Startup yang akan bergabung dalam Gerakan Nasional 1000 Startup ini tentu akan membentuk ekosistem digital untuk mencetak teknoprener, wirausaha yang memanfaatkan teknologi sebagai basis usahanya.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital:

Sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Comments

comments

LEAVE A REPLY