REKA BARU DESAIN INDONESIA

241
views

Proffing-Masbrooo-Eds

Akhir November hingga 3 Desember 2013 kemarin Masbrooo berkesempatan untuk mengikuti jurnal kegiatan 20 pemenang Reka Baru Desain Indonesia (RBDI) yang diadakan Parekraf atau yang lebih dikenal dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Apa itu RBDI? Asiknya bagian mana? Yuk sekarang Masbrooo bahas. Siap?

Apa sih RBDI? RBDI adalah sebuah kompetisi dari kementrian untuk mengajak teman-teman kreatif dari berbagai profesi untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Yak! Benar! Jadi, sudah ada wadah untuk temen-temen berinovasi trus dapet hadiah trip ke Business of Design Week di Hongkong! Woyow! Keren nggak tuh? Oke, balik lagi ke RBDI. Di kompetisi perdana ini, terpilih 20 pemenang dari ratusan karya yang masuk. Salah satunya ada pak Ayip dengan Paradesa dari Bali loh.

Siapa aja sih pemenang RBDI? Mari mengenal lebih dekat dengan finalis RBDI yang berjiwa muda ini. Ada Lucky Ibrahim, Mansell Mulyadi, Ayip Budiman + Esha Satrya, Harry Mawardi, Chairun Siregar, Dika Nugraha, Ilhamia Nuantika, dan Rizna Eka Nursanti dari kategori desain produk. Dari fashion ada Andhika Lukas, Petrianika Rumeksa, Jovita Adeline, dan Edhitya Nabella. Dari bidang arsitektur ada Vincent Heryanto, Esther Prawira, dan Firza Utama. Dari bidang multimedia ada pak Imam Tobroni, dan Cynthia Clara. Dan dari bidang desain komunikasi visual ada pak Arif Priyono, Handoko Hendroyono, dan Hagung Kuntjara Sihad.

20 karya terpilih dan 30 karya nominator kemudian dipamerkan di expo Indonesia Creative Power 2013 di Epiwalk, Jakarta yang didatangi lebih dari sepuluh ribu orang perharinya. Lumayan tuh buat go nasional kan? (tentunya Masbrooo juga tampil di venue RBDI — Masbrooo goes nasyenel).

Selain RBDI, di Indonesia Creative Power ini kalian juga bisa menemukan banyak booth-booth menarik lainnya; Gigi Art Dance yang membuka kelas tari kontemporer secara cuma-cuma, booth musik oleh David Tarigan, Warta Jazz, dan Demajors. Ada craft-craft lainnya dari HDII, suku Badui, Indigo, SMK-SMK se-Indonesia dan — musik! Ada JKT48 (Masbrooo tumben nonton konser yang brutal-brutal-cute bro!), Efek Rumah Kaca, Pure Saturday, White Shoes & The Couples Company, dan banyaaak lagi.

Memasuki hari ke-empat, kini peserta memasuki karantina. Sebagai hadiah, kini peserta dibekali sharing-sharing keren. Salah satunya bertamu ke kediaman F. Widayanto seorang pengerajin keramik yang fantastis, kreatif, dan fébeles. Ada pak Yusuf yang memberi kelas motifasi yang sangat keren. Dan kelas design thinking rasa internasional dari pak Irvan Noe’man.

Hari ke-lima yang merupakan hari terakhir Masbrooo nih. Harus pisah di sini dengan teman-teman RBDI yang dini hari nanti berangkat menuju BoDW Hongkong. Senang! Seru! Berharga! Mahal! Seruan-seruan tersebut yang bisa mewakili perasaan Masbrooo. Gimana yang di Bali? Tertarik untuk memacu keberanian diri? Sampai jumpa di RBDI selanjutnya! \w/

Comments

comments

Previous articleGALUNGAN KUNINGAN
Next articleBRING LIGHT TO THE KIDS

Punya banyak cerita, jadi suka bercerita. Berharap kamu menjadi salah satu cerita yang akan diceritakan ke anak kita nanti.

SHARE