Natalan Rasa Galungan di Gereja Hati Palasari

288
views
gereja hati

Bali ini saking uniknya, tradisi Bali bisa membaur dengan tradisi lainnya. Percaya atau enggak yang jelas bisa dibuktiin saat perayaan Hari Natal. Penting banget nih buat tau salah satu fenomena amazing di Bali saat perayaan Natal. Yup! salah satu daerah di Bali, yaitu Palasari, tepatnya Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana punya perayaan Natal yang cukup unik dan hampir sama dengan perayaan Galungan.

Natal asik di Gereja Hati Kudus Yesus Desa Ekasari Palasari

Kalo mau ke Gereja ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 3 jam-an dari Denpasar. Saat persiapan perayaan Natal, di desa ini udah dipasang penjor kayak perayaan Hari Galungan umat Hindu di sepanjang jalan Desa Ekasari.

Namun ada bedanya dari Penjor ini, dimana berdasarkan tulisan Anton Muhajir pada Balebengong.id, ngga ditemukannya sanggah Penjor. Begitulah salah satu wujud keberagaman warga Desa Ekasari yang tetap melestarikan tradisi Bali tanpa dibatasi sama sebuah agama.

gereja hati
Ibu-ibunya cakep ya | Sumber: balebengong.id

Jika kamu udah sampai di Gereja Hati Kudus Yesus ini, kamu bakalan melihat salah satu bentuk arsitektur Gereja yang mugkin ga ada selain di Bali. Konsepnya memadukan arsitektur Bali dengan gaya Eropa gitu. Maklum, kan agama Kristen bukan agama yang asli dari Bali.

Gereja ini udah dibangun sejak 1950 lho dan kalian udah tau waktu itu kebudayaan Bali masih kental-kentalnya, kayak nikah beda kasta yang sempet Mz bahas sebelumnya. Tapi sampai sekarang, masih awet-awet aja tradisi perayaan Natal mereka dan tetap seru dengan gaya khas Balinya.

Natal di sini uniknya serba Bali gitu

gereja hati
Tumben liat yang beginian

Sehari sebelum Natal disebut dengan Malam Misa. Nah pas malam itu warga di Desa Ekasari secara bergerombolan ke Gereja lengkap dengan pakaian adat Bali melakukan doa bersama dan keesokan harinya pas Hari Natal, tetep para warga datang ke Gereja dengan berpakaian adat Bali lengkap.

Ga cuman sampe di situ aja, setelah doa-doa Natal selesai, ada juga pertunjukan hiburan, seperti tari-tari Bali yang dibawakan oleh para gadis-gadis cantik di Desa Ekasari. Agak gimana gitu lihat para penari yang menari dengan backgroud-nya salib raksasa.

Tapi itulah uniknya perayaan Natal di Gereja Hati Kudus Yesus Desa Ekasari Palasari ini. Saat perayaan, kamu bisa lihat ada Santa Klaus yang sibuk bersalaman dan bagi-bagi kue gratis buat anak-anak disana.

gereja hati
Tenang semuanya kebagian | Sumber: Pinterest.com

Bali masih menyimpan sejuta keunikan di dalamnya dan salah satunya adalah perayaan Natal di Desa Ekasari, Palasari, Jembrana ini. Semoga Natal kali ini membawa kebahagiaan lebih banyak untuk seluruh umat manusia di Bali.

Comments

comments