PUTRI CAHAYA: TAU KAPASITAS DIRI SENDIRI

300
views
Putri Cahaya
Duh, cute banget sih. Source Gambar: facebook.com

Gara-gara nonton Net TV di pagi hari, melihat seorang presenter yang menarik hati, ngepoin ke sana sini nyari info tentang doi. Dan apa hasilnya? Namanya Putri Cahaya, IG-nya putricahayaaa. Cuma itu aja? Belum, itu baru awalnya. Dari IG ini akhirnya Masbrooo nemu kontak lainnya, lalu berjanjilah kita untuk kopi darat di salah satu tempat ngopi dengan konsep unik, di bilangan Jalan Merdeka. Lalu mengobrol-lah kita. Apakah yang dibicarakannya?

MASBROOO: Halo, Putri… Udah lama nunggu?

Waktu itu Masbrooo datengnya agak lama. Biasa, kendaraan pribadi yang terlalu banyak di ibukota menjadi kendalanya.

Putri: Ngga lama kok! Macet ya di jalan?
Masbrooo: Ya, gitu deh! Musim liburan di Bali. Putri, kamu sibuk ngapain aja sih? Kemaren agak susah ketemu, sekarang tiba-tiba free seminggu?
Putri: Hahahaha, ya maklum lagi masa-masa KRS-an. Waktu itu gaulnya di kampus aja.
Masbrooo: Kuliah dimana sih kamu?
Putri: Di Unud, Masbrooo! Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, ngambil prodi Ilmu Komunikasi, angkatan 2014. Lengkap kan?
Masbrooo: Singkat, padat, akurat. Kesibukan di luar kampus?
Putri: Lagi seneng berorganisasi, di kampus semua sih. Aku ikut Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Dan, kebetulan tahun ini dipercaya jadi wakil ketua (Wow, keren!) sama sekarang sibuk siaran program TV itu.
Masbrooo: Emang pas sama kerjaan. Ini baru bener-bener informatif!
Putri: Hahahaha.. Udah kebawa dari dulu, Masbrooo!
Masbrooo: Dari dulu?
Putri: Iya, aku sebenernya dari kecil udah suka dunia broadcasting gini. Dulu waktu SD pernah ng-MC. Sampe akhirnya bener-bener tertarik itu pas SMA, sampe ikut pelatihan public speaking. Dan sama pelatih aku waktu itu, nyuruh aku presenting di radio streaming kepunyaan tempat pelatihan itu. Itu dari kelas 2 sampe kelas 3 SMA. Berhentinya karena pas lulus kelas 3 SMA, mau-mau kuliah gitu, kan sibuk prepare ospek.
Masbrooo: Dan akhirnya bisa jadi presenter di Net?
Putri: Hahahaha, itu awalnya ngga kebayang ke sana. Pengen presenting lagi, cuma pengennya balik lagi ke radio. Sayangnya, lowongan yang ngga ada. Sampe akhirnya dosenku ngasi info kalo Net butuh presenter. Iseng ngirim CV, terus ditelpon, di-interview, dan di-casting. Lalu udah, akhirnya jadi kaya sekarang.
Masbrooo: Sempet turun ke lapangan juga ngga?
Putri: Nah, jadi gini, Masbrooo. Di Net kan biasanya nyari presenter yang sekalian jadi reporter. Makanya dulu sempet pas di-interview mereka bilang, “Yah, sayang banget kamu masih kuliah”. Sempet pesimis juga ngga bakalan dapet…
Masbrooo: Emang kenapa kalo masih kuliah?
Putri: Ya, masalah waktu. Jadi kan untuk reporting itu bakalan suka kebentur kuliah. Masalah bangun pagi juga, taulah mahasiswa itu bangun pagi kaya gimana. Untungnya aku bisa ngeyakinin mereka kalo aku sanggup buat bangun jam 4 setiap hari, hahahaha!
Masbrooo: Ada pengalaman berkesan ngga selama kerja di sana?
Putri: Ada! Hahahaha.. Jadi kalo di Net itu kan sejak pertama kerja di sana juga langsung live kan, jadi kesalahan sedikit aja bakalan keliatan. Belum lagi faktor tegangnya. Nah dulu sempet tuh, kalo presenter itu kan ada make earphone buat nyambung sama di belakang layar. Nah, waktu itu sempet aku lepas pas iklan, karena suaranya berisik. Sampe akhirnya ternyata acara udah mau lanjut lagi, aku ngga ngeh karena ngga denger hitung mundur. Dan aku waktu itu main HP donk. Padahal waktu itu kita udah on air. Hahahaha! Dan itu bener-bener aku jadiin pelajaran banget, next-nya selalu aware sama masalah itu.
Masbrooo: Kira-kira ke depannya kamu bakal terus fokus sama kerjaan ini?
Putri: Sebenernya aku pengeeen banget jadi reporter nanti. Apalagi reporter di Bali. Kalo liputan itu sambil jalan-jalan. Pergi ke tempat wisata, nyobain spa baru, hahahaha.. Jadi sambil main sambil kerja juga.
Masbrooo: Menurut kamu, kenapa kamu bisa yakin sama kerjaanmu yang ini?
Putri: Sebenernya sih, karena aku tau kapasitas diri sendiri aja. Apalagi aku udah dari dulu udah biasa sama hal ini. Cuma dulu waktu SMA aku sempet pengen jadi dokter. Ya, biasalah, nasehat dari orang tua dan lingkungan di sekolah juga. Sampe akhirnya di satu titik, aku mikir, aku ngga bisa maksain itu karena sebenernya aku sendiri ngga interest. Lalu diputuskanlah untuk kuliah di Ilmu Komunikasi, kayanya kemampuanku di hal broadcasting-jurnalistik, dan endingnya? Ya kaya sekarang ini, bener-bener enjoy sama kerjaanku, dan ini benar-benar menjanjikan.
Masbrooo: Well, pada akhirnya “do what you love, love what you do” selalu jadi yang terbaik. Oke deh kalo gitu Putri. Semoga sakseis segala-galanya.
Putri: Makasiii, Masbrooo! Semoga bisa bertemu lagi di lain waktu.

Gimana? Masih ngerasa kurang? Makanya follow aja sosmednya di Instagram, atau Facebook, biar tau gossip-gossip seputaran Putri. Gossip-gossip semacem “Putri pacarnya siapa?”, “Putri ulang tahun kapan?”, “Putri valentine mau dikasi apa?”. Ciao!

Comments

comments