Pulau Tanpa Polusi Udara

0
255
views
gili trawangan

Gili Trawangan ini adalah salah satu dari Trio Gili yang letaknya di sebelah barat Lombok. Yang belum pernah ke sana, mungkin taunya pulau ini oke karena alamnya. Tapi ada hal lain yang unik di sini, yaitu tiadanya kendaraan bermotor di pulau ini.

Mungkin karena mereka ngga punya duit buat beli motor. Eittss, jangan salah! Perekonomian di Gili ini cukup oke lho, karena pariwisatanya. Dan ternyata, emang aturan lokal di pulau ini ngga ngebolehin buat adanya kendaraan bermotor di sekitar pulau. Kok berani ya memberlakukannya?

Sebenernya ada berbagai keuntungan yang diperoleh dari diberlakukannya peraturan ini, karena apa? Per tama, karena ngga ada motor/mobil, otomatis untuk polusi udara akan minim. Dan inilah yang menjadi salah satu perhatian dari para wisatawan buat dateng ke Gili Trawangan, “Udaranya bersih”. Dan yang kedua, di Gili Trawangan ini menggunakan sepeda dan Cidomo sebagai alat transpor tasinya. Cidomo apaan, Brooo? Yang bikin macet Jakar ta yak? Bukan, itu Si Komo. Cidomo adalah sejenis kereta yang ditarik kuda. Mirip delman atau dokar. Nah dengan begitu, otomatis akan membuka lapangan pekerjaan buat para penduduk lokal, yang biasanya menyewakan
sepeda dan Cidomo ini.

Terus kekurangannya? Nyaris ngga ada, selain capek. Cuma untuk di Gili Trawangan yang luasnya sekitar 300-an hektar ini, ngga bakalan bikin kamu capek-capek banget buat kemana-mana. Apalagi dengan alam seindah itu, kayanya capenya bakal ngga kerasa deh!

Comments

comments

LEAVE A REPLY