Politik Rasa Sepak Bola. Ada Kartu Kuning dan Merahnya Segala

209
views
Kartu kuning

Pak Jokowi mendapatkan kartu kuning setelah mengakhiri sambutan Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia (UI), Jumat 2 Februari 2018 lalu. Yang memberikan kartu kuning bukan wasit, tetapi seorang pria yang mengenakan batik lengan panjang. Kartu kuning ini merupakan aksi protes atau peringatan kepada kinerja Pak Jokowi sebagai Presiden.

via GIPHY

Dia bukan orang biasa, dia adalah Zaadit Taqwa yang merupakan ketua BEM Universitas Indonesia. Terkait aksi ini, Pak Jokowi menanggapi santai “Yang namanya aktivis muda, mahasiswa, dinamika seperti itu biasa. Saya kira ada yang mengingatkan, itu bagus sekali,” Kata Pak Jokowi.

Kartu kuning
Katanya ditawari Umroh ya. Source gambar: beritaheboh

Aksi protes anak UI kepada elit politik ini bukan yang pertama kalinya. Dalam 10 tahun terakhir ada beberapa pejabat dan tokoh Negara lho yang sempat di demo ketika datang ke UI.

Baca juga:  Ikuti Mereka: Semakin Dekat Dengan TNI Angkatan Udara Indonesia

Pejabat Atau Tokoh Negara Yang Pernah di Demo Pas Datang ke Universitas Indonesia

Pada 8 Maret 2010 misalnya, Front Aksi Mahasiswa UI (FAM UI) menghadang mobil yang mengawal Menkeu Sri Mulyani. Ketika itu Sri Mulyani berencana menghadiri kuliah di Fakultas Ekonomi UI.

Kartu Kuning
Dicegat apa ya? Source Image: femina

10 November 2010, demonstrasi juga dilakukan dalam rangka “menyambut” Barack Obama yang ketika itu masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Kartu Kuning
Sate, nasi goreng, enak ya. Source Image: CNN

Eko Yudhi Prasetya, Fakultas Kesehatan Masyarakat 2010, sempat membentangkan spanduk yang ditujukan kepada istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, atau yang biasa disapa Bu Ani pada 2013 silam.

Kartu Kuning
Foto dulu, Bu. Source Image: tempo

Ngga apa-apa protes, nggak apa-apa ngasi kritik, asalkan kritiknya membangun, asalkan protesnya beralasan. Udah, gitu aja.

Comments

comments