Pemilu Bali Yang Agak Beda dengan Pemilu Daerah Lain

90
views
pemilu bali

Pemilu Bali udah lewat aja nih. Setelah kedua paslon bertarung secara hebat memperkenalkan visi dan misinya, kini kita sudah usai memilih pemimpin Bali untuk 5 tahun kedepan. Tidak usah galau baru paslon kamu kalah, karena siapa pun yang mempin Bali kedepannya juga akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Bali lewat berbagai program kerja yang sudah di kampanyekan sebelum pemilihan di TPS.

Saat pemilu, ada nih seseuatu yang ada saat momen-momen Pemilu di Bali. Jangan terlalu serius juga soal pemilu, karena berikut Mz bakal kasih beberapa keseruan Pemilu Bali yang mungkin tidak kamu temui saat Pemilu di daerah lain.

Ke TPS udah pasti pakai pakaian adat ringan

pemilu bali
Ajeg Bali pokoknya | Sumber gambar: balipost

Saat milih di TPS Bali, orang-orang yang beragama Hindu berbondong-bondong pagi-pagi untuk datang ke TPS lengkap dengan pakaian adat ringannya. Ini salah satu bukti kalau budaya Bali itu melekat banget dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali meskipun saat dalam Pemilu.

Habis nyoblos tidak lupa eksis dulu

pemilu bali
Inget nyoblos | Sumber gambar: Facebook Wahyu Dwi Saputra

Pemilu juga menjadi ajang kamu untuk memperlihatkan kepada siapa kamu akan menentukan pilihannya. Setelah nyoblos boleh lah narsis sedikit foto bareng keluarga besar dan menunjukan kalau kamu itu sudah mempergunakan hak pilih kamu, bukannya malah memilih untuk Golput.

Baca juga:  Tarian Mistis Di Bali yang Bikin Kamu Merinding Ketakutan

Tidak suka bikin keributan pasca Pemilu berakhir

pemilu bali
Cinta damai saat Pemilu itu penting

Meskipun salah satu paslon mengalami kekalahan tidak terlihat kerusuhan atau semacamnya. Malahan masyarakat lebih memilih untuk berlapang dada menerima kalau bukan paslonnya yang menang. Menang kalah itu biasa dan tidak mungkin keduanya jadi Gubernur :D.

Meskipun fisik udah rentan, tetap berusaha memilih ke TPS

pemilu bali
Tetap ke TPS ga pake alasan | Sumber gambar: Tribun Bali

Kendala yang sering dialami saat pemilu adalah tipe pemilih lansia yang fisiknya sudah tidak sekuat dulu. Ya, maklumlah namanya juga lansia, tetapi di Bali para lansia dibantu dan terus diajak untuk mempergunakan hak suara mereka. Mereka juga memiliki hak suara, makanya sebisa mungkin mereka selalu dihimbau untuk datang ke TPS atau pihak KPPS yang menjemput langsung jika mereka tidak bisa berjalan.

Baca juga:  Tahun 2018 Kamu Bakal Ngerasain Sensasi Nyepi yang Beda

Pecalang juga terlibat nih saat pengamanan Pemilu

pemilu bali
Tetap ikut ambil bagian | Sumber gambar: okezone

Pengamanan Pemilu Bali dilakukan oleh kesatuan POLRI dan TNI, tetapi kalau di Bali para Pecalang juga ikut ambil bagian untuk mengamankan jalannya Pemilu. Tujuannya biar bisa liat orang-orang yang main curang. Kan kali aja ada salah satu tim sukses paslon menggunakan segala cara bisar paslonnya mendapatkan banyak suara.

Kurang lebih gitu bedanya Pemilu di Bali dan sebagai anak muda Bali harus ikut milih ya, walaupun masih menjadi pemilih pemula. Yang penting datang ke TPS dan ikut nyoblos itu secara tidak langsung kamu sudah ikut berpartisipasi dalam pesta Demokrasi di Bali.

Comments

comments